PENYAKIT MENULAR:RSUD Liwa Rawat 3 Pengidap HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 13 May 2011
Topik: HIV/AIDS


Lampung Post, 9 Mei 2011

LIWA, RSUD Liwa, Lampung Barat, sejak seminggu lalu merawat tiga pengidap HIV/AIDS. Perawatan itu digabung dengan pasien lain.

Sekretaris RSUD Liwa, Paijo, Minggu (8-5), membenarkan ada tiga pengidap HIV/AIDS yang dirawat di RSUD Liwa. Satu dari ketiga pasien yang dirawat adalah balita laki-laki asal Bengkunat.

Sedangan dua pasien berasal dari Sukai dan Krui. "Identitasnya ada di Bagian Pelayanan Rekam Medik. Tapi, kami juga tidak bisa memublikasikan identitas ketiganya," kata Paijo.

Menurut Paijo, pasien yang saat ini dirawat juga diberikan hak pelayanan kesehatan yang sama dengan pasien lain. Perawatan juga digabung dengan pasien lain yang bukan HIV/AIDS. "Ini untuk menghindari diskriminasi," ujar dia.

Paijo menambahkan dua pasien dewasa yang dinyatakan positif HIV/AIDS itu merupakan penduduk Lambar. Tapi, keduanya tertular bukan dari Lambar, tapi saat keduanya bepergian. "Mereka dirawat sejak empat hari lalu," kata dia.

Sedangkan balita yang juga mengidap HIV/AIDS diperkirakan tertular dari ibunya saat masih bayi. Sementara ibunya sudah meninggal dunia. Sedangkan hasil pemeriksaan terhadap ayah balita, negatif. "Balita itu sudah dirawat sejak seminggu lalu," kata Paijo.

Ketiga pasien itu, kata dia, untuk sementara tetap dirawat di RSUD Liwa. Sebab, dokter ahli penyakit dalam yang menanganinya sudah berpengalaman menangani pasien HIV/AIDS saat bertugas di Karimun, Papua.

Selain itu, seluruh peralatan dan obat di RSUD Liwa juga memungkinkan melaksanakan penanganan pengidap HIV/AIDS. Obat sudah didrop dari Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM). (ELI/D-3)

Sumber :
koranbanten.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4104