Ratusan Ribu Pria Hidung Belang Terancam AIDS
Tanggal: Thursday, 26 May 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN PEKANBARU, Selasa 24 Mei 2011

POTENSI persebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Riau bakal terus menjadi ancaman serius. Kondisi miris ini diungkapkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Riau.

Fakta saat ini sebanyak 174 Wanita Pekerja Seks (WPS) di Riau dinyatakan positif mengidap HIV. Namun yang lebih mengerikan adalah ke-174 WPS tersebut masih tetap menjajakan dirinya seperti biasa.

WPS yang positif terinfeksi tersebut tersebar di seluruh seluruh kawasan Riau. Baik di areal lokalisasi terselubung maupun non lokalisasi tersebung.

Dengan adanya fakta ini, maka kemungkinan persebaran virus mematikan ini akan semakin tidak terkendali. Selain karena kurangnya safe sex bagi kalangan berisiko, jumlah pelanggan WPS di Riau juga terbilang besar.

Berdasarkan estimasi yang dirilis Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada 2009 lalu, di Riau tercatat sebanyak 6.182 orang WPS. Dari total angka tersebut, Kemenkes mengestimasikan terdapat 115.785 pria hidung belang menjadi pelanggan WPS. Kemenkes merilis data ini sekali dalam dua tahun. Saat ini data mutakhir untuk 2011 masih dalam penyusunan. Alhasil, bisa jadi angka yang dirilis pada 2009 tersebut mengalami peningkatan.

"Mereka semua rawan tertular HIV," kata Ketua KPA Riau, Dra, Woro Surti Andayani kepada Tribun, Senin (23/5).

Sumber: pekanbaru.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4147