Dinkes Sumut Latih Konselor Layanan HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 31 May 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita Sore, 27 Mei 2011

Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara sangat membutuhan tenaga konselor agar akses dan cakupan layanan mengenai HIV/AIDS semakin meluas, yang kerahasiaannya terjamin dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan bagi konselor,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Chandra Syafei SpOG, Kamis (26/05). Hal itu dilakukan agar pengetahuan sekaligus akses Voluntary Counseling and Testing (VCT) bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) ditingkatkan. Rencananya, Dinkes Sumut akan memberikan konseling mengenai HIV/AIDS kepada 17 layanan VCT daerah Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara.

Syafei mengatakan, HIV/AIDS merupakan satu diantara penyebab penyakit utama di dunia dan memberikan dampak luas pada masalah kesehatan berupa kesakitan dan kematian. Apalagi estimasi ODHA di Sumatera tahun 2010 mencapai 7075 orang, sehingga diperlukan upaya untuk melakukan penanggulangan penyakit HIV/AIDS dengan meningkatkan akses VCT.

“Seperti target Millennium Develovment Goals (MDGS), ada delapan tujuan yang ingin dicapai yang salah satunya memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya yang dituangkan dalam Inpres nomor 3 tahun 2010,” ujarnya.

Didalam Inpres itu disebutkan, salah satunya jumlah orang yang berusia 15 tahun atau lebih yang menerima konseling dan testing HIV minimal satu kali. Dimana, jumlah tahun 2010 sebanyak 300.000 orang yang menerima konseling dan testing HIV minimal satu kali menjadi 700.000 orang yang menerima konseling dan testing HIV minimal satu kali pada tahb 2014.

Ia juga mengingatkan prevalensi HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan yang serius, dan ditargetkan turun dibawah 0,5 persen. Candra berharap VCT memiliki pemahaman tentang penanggulangan HIV/AIDS dan konseling VCT yang komprehensif, serta memiliki keterampilan dan kejelasan peran dan tugasnya dalam pelaksanaan kegiatan dilayanan. (don)

Sumber : beritasore.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4158