Penderita AIDS Terus Meningkat
Tanggal: Tuesday, 31 May 2011
Topik: Narkoba


Seputar Indonesia, 31 Mei 2011

Jumlah penderita AIDS dan orang yang terjangkit virus HIV di wilayah Madiun terus meningkat. Hingga Mei ini saja, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Madiun sudah mencatat 21 orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Upaya Kesehatan (P2UK) Dinkes Kabupaten Madiun Soelistyo Widyantono menyatakan,pada 2010 lalu, pihaknya mencatat 30 orang penderita AIDS. Semuanya adalah pasien yang telah dirawat di RSUD Dr Soedono dan RSUD Caruban.

”Baru lima bulan, kita sudah mencatat 21 orang yang menderita AIDS.Memang lebih banyak dari tahun lalu,tapi lebih banyak lagi yang tidak terungkap. Seperti fenomena gunung es,”ungkapnya. Soelistyo menyebut, dari data yang dipegangnya, sebagian besar penderita tertular melalui hubungan seksual.

Penularan juga terjadi, kebanyakan, saat penderita menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di beberapa negara tetangga dan juga daerah-daerah yang memiliki kawasan transaksi seksual atau terdapat banyak PSK. ”Untuk itu ada beberapa daerah yang jadi perhatian,seperti Dolopo, Kebonsari, Jiwan,” ujarnya. (dili eyato)

Sumber :
seputar-indonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4162