Pengidap AIDS sebagian besar TKI
Tanggal: Tuesday, 31 May 2011
Topik: Narkoba


Harian Terbit, 31 Mei 2011

MAGELANG - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, didominasi warga yang bekerja ke luar daerah, kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Budi Suprastoto.

"Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Magelang sejak 2007 hingga 2011 sebanyak 21 kasus, hampir 75 persen merupakan warga yang bekerja di luar Kabupaten Magelang," kata Budi di Magelang, Senin (30/5).

Menurut dia, mereka terdeteksi saat pulang ke Magelang dan memeriksakan diri ke rumah sakit. Warga yang terkena HIV/AIDS itu merantau ke sejumlah daerah, antara lain Cilacap, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Para perantau yang terkena HIV/AIDS tersebut dari berbagai macam profesi antara lain pembantu rumah tangga, buruh bangunan, dan staf perkantoran. Dari segi usia pengidap HIV/AIDS masih didominasi usia produktif, yakni 30-35 tahun.

Penderita HIV/AIDS dari lima kecamatan, yakni Ngluwar, Mertoyudan, Ngablak, Secang, dan Borobudur. Sedangkan di 16 kecamatan lain belum pernah ditemukan kasus penderita HIV/AIDS. Penyebab dominan dari penularan HIV/AIDS para perantau adalah perilaku heteroseksual dengan kecenderungan berganti-ganti pasangan. (antara/terbit)

Sumber :
harianterbit.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4163