Penghuni Lapas Dapat Bantuan Kondom
Tanggal: Tuesday, 07 June 2011
Topik: Narkoba


SURYA Online, 02 Juni 2011

PAMEKASAN - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menyerahkan bantuan kondom kepada para penghuni lembaga pemasyarakatan setempat.

Kasubag Perencanaan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Pamekasan Handan Nasution, di Pamekasan, Kamis (2/6/2011), mengatakan, bantuan tersebut dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan penularan HIV/AIDS di kalangan penghuni Lapas Pamekasan.

“Kalau saat berhubungan dengan keluarganya ketika membesuk tidak menggunakan kondom, potensi penularannya sangat rentan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Hamdan, pihak BPPKB Pamekasan berinisiatif memberikan bantuan kondom kepada para penghuni Lapas Kelas IIA Pamekasan dengan tujuan untuk mencegah penularan penyakit kelamin akibat hubungan seksual.

Apalagi, kata dia, di Lapas Pamekasan ada beberapa penghuni yang terindikasi mendarita HIV/AIDS.

Ia menjelaskan penghuni Lapas Pamekasan yang rentan terhadap HIV/AIDS umumnya adalah penghuni yang terjerat kasus narkoba. Bahkan dua penghuni lapas yang dinyatakan positif semunya terjerat kasus narkoba.

“Kalau narapidana umum lebih aman. Tetapi kami beri mereka kondom,” kata Hamdan Nasution.

Hamdan yang juga Ketua Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan BPPKB masuk salah satu tim Forum Penanggulangan HIV/AIDS di lembaga pemasyarakatan Pamekasan.

Sumber: www.surya.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4171