Penderita HIV/AIDS Meningkat
Tanggal: Tuesday, 07 June 2011
Topik: HIV/AIDS


JPNN.COM, 06 Juni 2011

MAJALENGKA – Penderita virus mematikan Human Immunodeficiency Virus (HIV) AIDS di Majalengka terus meningkat. Dari data yang terhimpun di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka, tercatat 36 warga positif menderita penyakit ini.

Kepala Dinkes Majalengka, dr Maman S Gani MARS melalui Kasi P2M dr Huda Ginandjar MEpid mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan dari catatan Dinkes tahun lalu yang hanya 30 orang. "Ke-36 penderita tersebut termasuk tambahan 6 penderita baru yang berasal dari TKW overstay yang baru dipulangkan ke tanah air dari Arab Saudi awal Mei lalu," ujarnya.

Menurutnya, jumlah penderita HIV/AIDS diperkirakan lebih banyak di lapangan dan diprediksi akan terus bertambah. Hal itu disebabkan dalam dua tahun terakhir pihaknya belum melakukan pendataan ulang, karena tidak adanya anggaran.

Padahal, seharusnya Dinkes rutin melakukan pemeriksaan dan pendataan penderita HIV/AIDS yang biasanya tersentralisasi pada tempat-tempat prostitusi terselubung, agar penyebaran penyakit ini bisa diminimalisasi.

Meski demikian, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik lewat media, secara langsung, dan berencana akan terus menggelar survei di komunitas tinggi, misalnya dengan melakukan talkshow di radio-radio, melakukan penyuluhan bahaya narkoba kepada para siswa dan para pekerja di sejumlah pabrik yang memiliki banyak karyawan, seperti di Pabrik Gula (PG) Jatitujuh.

Menurutnya, penekanan meluasnya dampak HIV/AIDS juga dilakukan dengan cara kerjasama lintas sektoral, seperti dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertrans), serta beberapa organisasi dan elemen masyarakat. (azs)

Sumber: www.jpnn.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4179