Sumsel Bakal Miliki Perda HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 07 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Seputar Indonesia, 06 Juni 2011

PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ini bakal memiliki Peraturan daerah (Perda) tentang penangulangan HIV/AIDS. Saat ini draf penyusunan Rancangan peraturan daerah (Raperda)- nya masih digodok di Biro Hukum Pemprov Sumsel.

“Kita bersama dinas terkait sudah menyusun draf Perda ini sejak tahun 2010 lalu,sekarang sudah selesai disusun dan digodok Biro Hukum Pemprov Sumsel, setelah seledai dipelajari Biro Hukum, baru raperdanya diserahkan ke DPRD guna dibahas lebih lanjut, sebelum disahkan jadi Perda,”kata Sekretaris Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Provinsi Sumsel, Ahmad Daud Ahmad kepada SINDOkemarin.

Perda ini ditargetkan sudah dapat disahkan tahun ini sehingga pada awal 2012 nanti sudah dapat diberlakukan. Jika telah disahkan Perda ini diyakininya akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi petugas di lapangan dalam usaha menanggulangi HIV/- AIDS. ”Perda serupa seperti ini sudah ada di Provinsi Bali, Jatim Sulawesi, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya,’ paparnya.

Ahmad mengungkapkan, dari data yang mereka miliki jumlah penderita HIV/AIDS di Sumsel cenderung meningkat. Data per Desember 2010 diketahui sebanyak 596 warga dinyatakan positif terjangkit HIV. Sementara penderita AIDS tercatat sebanyak 313 kasus. “Dari jumlah itu yang berusia produktif yakni pada usia 20-40 tahun sebanyak 519 pengidap atau 87%,”terangnya.

Sementara itu,dr Dani,yang konsisten menyoroti masalah penderita HIV/AID di Sumsel mendukung Pemprov Sumsel segera memiliki Perda HIV/- AIDS. ”Memang kita akui bahwa untuk menghilangkan HIV/- AIDS bukanlah sesuatu hal yang mudah, karena sampai sekarang belum ada obat yang pas atau tepat bisa mengatasi kasus ini,”katanya kemarin.

Namun dengan adanya program MDG’s,dimana salah satu indikatornya percapaian target pembangunan milenium adalah, presntase remaja usia 15-24 tahun baik di dalam sekolah dan di luar sekolah sebanyak 80% harus memiliki pengetahuan tentang HIV/- AIDS dengan mendapat penjangkauan progam yang efektif. ade satia pratama

Sumber: www.seputar-indonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4184