m.tribunjabar.co.id
">


Penyebaran HIV/Aids Merata di 26 Kecamatan
Tanggal: Monday, 13 June 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN, 07 Juni 2011

SUMEDANG – Penyebaran penderita HIV/Aids saat ini sudah hampir merata di 26 kecamatan yang ada di Sumedang. Sebelumnya penyebaran virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia itu hanya ada di kawasan Jatinangor dan juga Sumedang kota.

Saat ini jumlah penderita HIV/Aids itu sudah mencapai 139 orang dan delapan orang diantaranya balita. Dari jummlah 139 penderita itu sebanyak 80 persen positif Aids.

Hanya saja sampai sekarang unit pelayanan konseling untuk mencegah penularan HIV/Aids ini berada di pusat kota saja dengan jumlah yang terbatas. Pelayanan konseling itu hanya ada di Dinas Kesehatan, RSU dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Sekretaris Komisi Penanggulang Aids (KPA) Sumedang, dr Hilman Taufik mengatakan tahun ini KPA nasional mengucurkan bantuan Rp 100 juta per bulan untuk penanganan pencegahan penularan HIV/Aids.

“Bantuan KPA nasional itu dikucurkan melalui organisasi non pemerintah atau NGO lokal,” kata Hilman yang dihubungi melalui ponselnya, Kamis (7/4).

Hilman mengatakan jumlah penderita HIV/Aids merupakan fenomena gunung es. “Jadi lebih baik kalau data penderita HIV/Aids itu terungkap lebih banyak lagi supaya bisa terjangkau dan terawasi sehingga bisa mencegah sumber penularannya,” katanya.(std)

Sumber: m.tribunjabar.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4207