Cegah HIV/AIDS, Tangerang Sebar 1 Juta Kondom
Tanggal: Wednesday, 15 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Tempo Interaktif, 15 Juni 2011

Tangerang - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyiapkan layanan alat suntik steril dan menyebarkan 1 juta kondom gratis ke sejumlah titik lokasi prostitusi.

Layanan suntik steril dan penyebaran 1 juta kondom ini untuk menekan penularan virus HIV/AIDS. “Pemerintah daerah telah menyiapkan LAS (Layanan Alat Suntik Sterill) di daerah Cikupa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni, Rabu, 15 Juni 2011.

Ia menjelaskan selain disebabkan perilaku seks bebas, penyebaran virus HIV/AIDS juga rawan terjadi terhadap para pengguna narkoba jarum suntik secara bergantian. Dia berharap para pengguna dan pecandu narkoba jenis jarum suntik yang ada di berbagai wilayah untuk segera melaporkan diri ke puskesmas terdekat.

Naniek mengatakan bahwa selain menyebar kondom, pihaknya juga memberikan penyuluhan tentang penyebab penularan dan bahaya virus HIV/AID secara rutin, pengobatan keliling, memeriksa darah warga yang dicurigai rawan tertular, serta mendata ibu hamil yang ingin melahirkan. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan dinas sosial terkait pemberian bantuan usaha terhadap mereka yang mau keluar dari lokasi prostitusi.

Dari survei yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dalam satu hari rata-rata pekerja seks komersial (PSK) melayani lima sampai tujuh pria hidung belang. Apabila satu orang PSK butuh tujuh kondom setiap hari, maka untuk seribu PSK dibutuhkan 7 ribu kondom per harinya. "Kami juga sudah membuat pos-pos yang menyediakan kondom,” ujarnya.

Sumber: Tempo Interaktif




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4221