612 Orang di Kabupaten Tangerang Positif HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 15 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 15 Juni 2011

TANGERANG : Komisi Perlindungan AIDS Kabupaten Tangerang, Banten, mengungkapkan di wilayah itu 612 orang positif menderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

"Ada 612 orang yang positif HIV/AIDS dari jumlah populasi berisiko tinggi sebanyak 5.300 jiwa," kata Sekretaris Komisi Perlindungan AIDS Kabupaten Tangerang Yully Soenar Dewanti di Tangerang, Selasa (14/6).

Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut rinciannya 445 orang positif mengidap HIV dan 167 orang positif AIDS. Sebagian besar, penderitanya adalah anak muda.

Data itu merupakan catatan sejak 1998 hingga 2010. Berdasarkan data yang dihimpun KPA, ujarnya, setiap tahun penderita HIV/AIDS mengalami peningkatan. "Jumlah penderita HIV/AIDS yang positif kemungkinan akan bertambah karena ada sekitar 5.300 orang yang rawan terkena penyakit tersebut," katanya.

Ada dua faktor utama yang menyebabkan warga itu tertular virus HIV/AIDS. Pertama, disebabkan perilaku bergantian pasangan berhubungan intim atau seks bebas. Kemudian, maraknya lokasi prostitusi liar yang ada di Kabupaten Tangerang dan diduga menjadi penyumbang terbesar penularan virus tersebut. (Ant/OL-01)

Sumber: Media Indonesia



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4222