Kasus HIV Madiun Tinggi, Petugas Sisir Daerah Rawan
Tanggal: Friday, 17 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Berita Jatim, 15 Juni 2011

Madiun - Tingginya kasus temuan baru HIV/AIDS selama tahun 2011 ini, membuat petugas dinas terkait berencana menyisir daerah yang dinilai rawan akan penyebaran virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini.

"Kita bersama KPA (Komisi Penangulangan AIDS) Kabupaten Madiun akan melakukan kordinasi dengan dinas sosial untuk melakukan pemeriksaan terhadap PSK liar yang terdapat dibeberapa sudut Kabupaten," ujar Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Upaya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, Rabu (15/6/2011).

Soelistyo mengatakan, dari data dinas Kesehatan Kabupaten Madiun selama Januari 2011 hingga Mei 2011 ini sudah ada 25 kasus temuan baru. Hal ini menandakan tingginya temuan kasus jika dibandingkan dengan tahun 2010 kemarin yang hanya 30 kasus sepanjang tahun.

Alasan dari penyisiran tersebut, dikarenakan profesi PSK yang rentan tertular virus HIV/AIDS. Pasalnya sebagian besar penyakit ini menular melalui hubungan intim tanpa kondom dan berganti-ganti pasangan. Sedangkan rata-rata para PSK liar tersebut jarang mengunakan kondom saat berhubunga badan.

Diharapkan dengan adanya pemeriksaan ini, lanjut Soelistyo dapat menekan angka kasus HIV/AIDS. Karena selain memberikan pemeriksaan pihaknya juga melakukan sosialisasi virus ini. Sehingga para PSK bisa mengetahui cara penularan sehingga ia bisa mencegah tertular.

"Kita berikan sosialisasi. Agar mereka bisa berhubungan tanpa takut tertular HIV/AIDS yakni dengan menggunakan kondom. Jadi virus tersebut tidak sampai menyebar," pungkasnya.[rdk/ted]

Sumber: Berita Jatim



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4227