Petugas Gabungan Periksa Lokalisasi Gude
Tanggal: Friday, 17 June 2011
Topik: Narkoba


Berita Jatim, 15 Juni 2011

Madiun - Petugas gabungan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP setempat serta RSUD dr Soedono Madiun melakukan pemeriksaan sekira 150 penghuni Lokasasi Wisma Wanita Harapan Gude di Kecamatan Jiwan.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Upaya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penghuni lokalisasi yang menderita Penyakit Menular Seksual (PMS). Karena keberadaan lokalisasi ini dinilai rawan terhadap penyebaran PMS.

"Kami memandang PSK merupakan salah satu pekerjaan yang rawan terhadap penyebaran berbagai penyakit seksual. Utamanya HIV/AIDS, jadi kami memberikan perhatian khusus disini (lokalisasi)," ujarnya, saat ditemui disela-sela pemeriksaan, Rabu (15/6/2011).

Dalam pemeriksaan kali ini, petugas gabungan hanya membawa satu reagen dari tiga reagen untuk mendeteksi HIV/AIDS. Karena jika menggunakan ketiga reagen tersebut, lanjut Soelistyo, akan memakan banyak waktu. Sementara waktu yang ada sangat terbatas jika dibanding dengan jumlah petugas dan penghuni lokalisasi.

"Kita gunakan satu reagen. Dan jika ada yang reaktif akan kita lakukan tes lebih lanjut di RSUD dr Soedono. Tapi tentu saja sebelumnya kami harus laporkan ke bapak Asisten II pemerintahan," tuturnya.

Namun, saat ditanya terkait hasil pemeriksaan, 150 penghuni lokasisasi yang terdiri dari PSK, Induk semang (Mami), penjual, juru parkir, tukang becak, serta tukang ojek yang berada di lokalisasi, Soelistyo tidak mau memberikan keterangan sebelum melaporkan hasil ini ke atasan.

"Hasilnya nanti saja, Tapi kalau ada yang posistif, yang bersangkutan akan kita berikan penyuluhan agar tidak menularkan virus ini ke yang lain. Tapi kami tidak menghalangi dia untuk tetap beroperasi," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengurus KPA Kabupaten Madiun yang tidak mau disebutkan namanya mengaku sudah ada tiga orang yang reaktif terhadap reagen. Sehingga ada dugaan ketiga orang tersebut sudah terkena HIV/AIDS.

"Ada tiga orang yang reaktif. Mereka dari kalangan PSK jadi ada dugaan mereka terkena HIV/AIDS. Tapi untuk lebih jelasnya kita akan periksa mereka dengan dua reagen lainnya setelah ini," kata dia. [rdk/ted]

Sumber: Berita Jatim



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4228