Diduga Berhubungan Seks sejak SMP, Terserang HIV Perempuan 19 Tahun Meninggal
Tanggal: Friday, 17 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Kaltim Post, 16 Juni 2011

BONTANG – Selama Januari hingga Juni 2011, tercatat 11 warga kota Bontang positif terinfeksi HIV. Bahkan, salah seorang di antaranya adalah remaja putri berusia 19 tahun, meninggal karena mengidap virus tersebut. Diduga sejak di bangku SMP ia kerap berhubungan seks.

Selain karena hubungan seks bebas, berdasarkan keterangan Ketua Pelaksana Harian Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Bontang, WH Agustini, sebagian besar masyarakat yang terinfeksi HIV penyebarannya melalui jarum suntik.

“Untuk tahun ini, warga Bontang yang terkena HIV ada 11 orang. Rata rata mereka terkena akibat penyebaran melalui jarum suntik,” terang Agustin -- sapaan Agustini -- kepada Bontang Post (Kaltim Post Grup), dalam pelayanan KB keliling di Puskesmas Bontang Selatan.

Terkait meninggalnya remaja putri tadi, dia menambahkan, akibat penyakitnya telah memasuki tahapan AIDS, sehingga tidak dapat tertolong. “Korban baru berusia 19 tahun, diduga sejak SMP telah melakukan hubungan seks. Kondisinya sudah sangat parah, dan sempat dilarikan ke rumah sakit di Samarinda, namun tidak dapat diselamatkan,” ungkap Agustin. Sementara itu, kata dia, untuk setiap orang yang menjadi penderita HIV, diberikan penyuluhan dan evaluasi setiap bulan. Dengan secara rutin kontrol ke rumah sakit, mereka akan diberikan arahan dan evaluasi.

“Kalau yang kena HIV, itu ada evaluasi sendiri nantinya. Karena itu, mereka dianjurkan untuk secara rutin melakukan kontrol,” jelasnya. Sebagaimana diketahui, HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sementara AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) muncul setelah virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, dan terdeteksi setelah lima hingga sepuluh tahun atau lebih.

Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, dan satu atau lebih penyakit dapat timbul. Karena lemahnya sistem kekebalan tubuh tadi, beberapa penyakit bisa menjadi lebih parah. (*/um/che/ha)

Sumber
: Kaltim Post



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4231