233 Orang Terinfeksi HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 17 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Sumut Pos, 17 Juni 2011

KARO - Hingga semester pertama tahun 2011, tercatat 233 orang terinfeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Karo.

Jumlah kasus ini disampaikan Kabid Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Karo Drg. Irna Br Sembiring, Kamis (16/6). Dari total jumlah tersebut, 164 orang laki-laki, 69 wanita. Dari total pengidap 233 orang, 25 diantaranya telah meninggal dunia.

“Kita himbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar menjaga prilaku masing-masing. Selain itu, butuh dorongan mental terhadap ODHA. Jangan dikucilkan, berikan semangat kepada mereka yang mengidap penyakit tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Drg Irna juga meminta masyarakat, agar datang melakukan test di klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) yang ada di Dinkes Kabupaten Karo atau Puskesmas (Berastagi dan Kabanjahe,red). Karena menurut Irna, setelah dilakukan pengecekkan, dapat diketahui secara pasti apakah seseorang telah terinfeksi atau tidak.(wan)

“Pencegahan itu lebih baik dilakukan sejak dini. Apalagi bagi orang yang berperilaku beresiko. Jangan ada lagi asumsi miring dibenak kita. Kerahasiaan identitas spenuhnya kita jaga. Itu bukan penyakit menakutkan, saat ini telah ada obat ARV untuk menambah kekebalan tubuh,” tandas Irna.(wan)

Sumber: Sumut Pos



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4236