700 PSK Sumut positif HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 22 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Waspada, 21 Juni2011

MEDAN - Sejumlah 700-an Pekerja Seks Komersial (PSK) di Sumatera Utara positif mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV)Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Ini terdiri dari PSK langsung dan tak langsung.

Project Officer Global Fund Dinas Kesehatan Sumut, Andi Ilham Lubis mengatakan, berdasarkan hasil survey pengambilan darah yang dilakukan Dinas Kesehatan Sumut terhadap 12.532 orang PSK di daerah tersebut pada tahun 2009, sekitar 700-an orang atau 12 persennya positif HIV/AIDS. Ini terdiri dari PSK langsung dan tak langsung.

Dia menuturkan, ada sekitar 5590 PSK langsung di Sumut dengan 8 persennya positif yang umumnya beroperasi di lokalisasi. Sedangkan PSK tidak langsung ada sekitar 6942 orang dengan 4 persen positif dan biasanya beroperasi ditempat hiburan malam yang sebagian besar ada di Medan. Menurut Andi, survei pengambilan darah tersebut diambil dari beberapa daerah di Sumut seperti, Deli Serdang dan Serdang Bedagai. "Berdasarkan hasil screaning, 20 persen PSK memiliki luka pada alat kelaminnya atau disebut siphilis," ujarnya, siang ini.

Dia menambahkan, ada tiga syarat penularan HIV dari PSK ke pelanggannya. Diantaranya, salah satu harus HIV, ada luka dibagian alat kelamin karena luka merupakan pintu masuk terinfeksi dan jumlah virus yang berpotensi. Dijelaskannya, umumnya penularan HIV dari hubungan seksual hanya 1 persen saja. Sebab, jika tidak memenuhi tiga syarat penularan tersebut, resiko tertularnya sedikit. Apalagi, kalau hubungan seksualnya menggunakan pengaman. "Kalau pelanggannya ada luka, resiko terinfeksi juga semakin besar," bebernya.

Dikatakannya, apabila tidak dilakukan pencegahan, maka jumlah pengidap HIV AIDS semakin tinggi karena terjadinya penularan. Namun, untuk pencegahannya juga bukan semata tugas Dinas Kesehatan saja, tapi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, diharapkan masyarakat mengubah pola perilaku, yakni tidak melakukan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan, dan harus setia kepada pasangan. Sebab, HIV AIDS bisa menular kepada isteri dan anak.

Sumber: www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4244