www.republika.co.id
">


Waduh! Kantong Darah PMI Medan Tercemar HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 22 June 2011
Topik: HIV/AIDS


REPUBLIKA.CO.ID, 22 Juni 2011

MEDAN-- Selama enam bulan sejak Januari 2011, Palang Merah Indonesia Kota Medan menemukan sedikitnya delapan kantong darah dari pendonor sukarela yang terinfeksi virus HIV/AIDS.

"Meski jumlahnya tidak banyak, namun temuan tersebut jelas menjadi perhatian yang cukup serius bagi kita," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, dr Delyuzar, di Medan, Selasa.

Namun begitu pun, lanjutnya, temuan tersebut belum dapat dipastikan benar-benar positif karena standart untuk menyatakan positif HIV harus dikonfirmasi dengan tiga regensia yang berbeda.

"Hasil yang kita temui positif, belum tentu positif ketika diperiksa menggunakan regensia. Artinya, reaktif ada sekitar 8 orang pendonor yang ketika diperiksa darahnya terinfeksi HIV. Kita katakan reaktif, karena belum konfirmasi dan harus tetap berjaga-jaga," katanya.

Selain itu katanya, pihaknya juga mengingatkan kepada pendonor jika memiliki prilaku yang beresiko terkena virus berbahaya tersebut untuk melakukan konseling ke VCT. Sebab, pihaknya lebih memprioritaskan darah yang beresiko rendah.

Sumber: www.republika.co.id






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4245