www.mediaindonesia.com
">


SMS Ancaman Penyebaran HIV/AIDS Resahkan Warga Buleleng
Tanggal: Friday, 24 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 22 Juni 2011

SINGARAJA : Warga Buleleng, Bali, diresahkan pesan singkat telepon seluler (sms) berantai. SMS ancaman penderita HIV/AIDS yang akan menyebarkan penyakit mematikan itu melalui tusuk gigi membuat warga khawatir.

Dalam SMS tersebut, si penderita HIV/AIDS tersebut merasa tidak dipedulikan pemerintah sehingga akan menularkan penyakit yang dideritanya melalui tusuk gigi yang berada di sejumlah restoran maupun rumah makan.

"Tolong dishare, ada info yang cukup mengejutkan dari dokter dan LSM yang menangani masalah narkoba. Para penderita HIV/AIDS yang merasa putus asa dan merasa tidak ada kepedulian pemerintah terhadap mereka, mulai dendam. Mereka berniat menyebarkan penyakit ini dengan media tusuk gigi yang banyak terdapat di restoran dan rumah makan. Memakai tusuk gigi tersebut hanya untuk melukai gusinya supaya berdarah lalu diusap hingga tidak kelihatan darahnya, kemudian tusuk gigi yang sudah tercemar tersebut dikembalikan ke tempatnya, harap jadi perhatian!!!,? bunyi sms tersebut.

Ketua Komisi Penanggulang AIDS Daerah (KPAD) Buleleng Made Arga Pynatih, Rabu (22/6) mengatakan HIV/AIDS secara teori tidak bisa ditularkan melalui tusuk gigi yang mengandung darah di penderita. "Saya kira tusuk gigi berisi darah penderita HIV/AIDS tidak akan menularkan penyakit itu karena sudah terkontaminasi udara bahkan sudah kering,"ujarnya.

Arga yang juga Wakil Bupati Buleleng memaparkan, penularan efektif terjadi apabila melalui transfusi darah yang sudah terkontaminasi dengan penderita HIV/AIDS atau kontak seksual dengan penderita. (OL/OL-04)

Sumber: www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4248