Tak ada provinsi bebas HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 24 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Waspada Online, 22 Juni 2011

MEDAN - Diperkirakan 40 juta jiwa manusia di dunia hidup dengan HIV/AIDS. Maka dari itu, permasalahan HIV/AIDS bukan saja menjadi masalah nasional, akan tetapi sudah menjadi masalah global. Di Indonesia sendiri, tidak ada provinsi yang dinyatakan bebas dari HIV/AIDS.

Bahkan diperkirakan saat ini HIV/AIDS sudah menjangkiti lebih dari separuh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Prajurit TNI merupakan bagian dari masyarakat dan bergaul di tengah masyarakat umum, tentunya penyebaran HIV/AIDS di lingkungan TNI tidak mustahil akan mendekati kondisi yang sama dengan yang terjadi di masyarakat umum lainnya, kondisi ini harus menjadi perhatian kita semua,” kata Dirkesad Brigjen TNI dr. Harry Yusmanadi pada acara pembukaan pelatihan Peer Leader HIV/AIDS di lingkungan Kemhan (Kementerian Pertahanan) dan TNI wilayah Kodam I/BB di Rumkit Tingkat I Putri Hijau.

Dalam hal ini, lanjut Harry, upaya dan strategi penanggulangan HIV-AIDS secara intensif dan terpadu harus dilaksanakan agar tidak semakin berlanjut dan menjadi epidemi yang meluas di lingkungan Kemhan dan TNI.

“Dalam upaya pembinaan komponen kekuatan Pertahanan Negara terutama TNI sebagai komponen utama, kegiatan penanggulangan HIV/AIDS merupakan salah satu bentuk kegiatan penting untuk mendukung dan mempersiapkan komponen Pertahanan Negara, agar tercapai tingkat kesiapan yang optimal dan produktif,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan Peer Leader HIV/AIDS di lingkungan Kemhan dan TNI merupakan salah satu program kerja Dirkes Kuathan Kemhan di bidang kebijakan tentang penanggulangan penyakit berdampak nasional khususnya HIV/AIDS.

“Dengan melatih para Komandan Satuan ditingkat bawah atau perwira-perwira teritorial untuk dapat memahami penyakit HIV/AIDS dengan tujuan agar dapat menyampaikan informasi yang benar kepada teman sebaya atau masyarakat di lingkungannya tentang HIVAIDS,” imbuhnya.

Dengan dilakukannya hal itu, kata Harry, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran komunitas lingkungan Kemhan dan TNI dalam mencegah penularan HIV dan penanggulangan AIDS yang sangat diutamakan agar mencapai hasil yang optimal.

Sementara itu, Kakesdam I/BB Kolonel Ckm, Eddy Mahidin, mengatakan, pelatihan ini agar para peserta pelatihan untuk dapat memberikan informasi dan mensosialisasikan tentang pencegahan bahaya HIV/AIDS dan IMS kepada satuannya masing-masing.

“Disamping itu pelatihan Peer Leader HIV/AIDS merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS khususnya di masyarakat TNI, selain itu pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki motivasi, semangat dan kepercayaan diri dalam mengikuti pelatihan, sehingga berhasil guna dan dapat meningkatkan pengetahuan khususnya bidang HIV-AIDS,” tuturnya.

Sumber: www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4250