Astaga, 27 Warga Palembang Terinfeksi HIV
Tanggal: Friday, 24 June 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 23 Juni 2011

PALEMBANG - Memasuki bulan keenam 2011, sedikitnya 27 warga kota Palembang terjaring dan terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS (Acquired immune deficiency syndrome), setelah dilakukan pemeriksaan di delapan tempat berbeda.

Akibatnya, daftar jumlah penderita penyakit ini semakin panjang yang kini sudah berada di angka 540 orang penderita.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Palembang H Zailani Ud, SIP, Kamis (23/6/2011), mengatakan, angka ditemukan penderita baru dengan penderitan yang meninggal dunia, jauh lebih tinggi.

Berdasarkan data, total penderita yang meninggal selama beberapa tahun terakhir ini sebanyak 57 penderita, terdiri 12 orang penderita HIV dan 45 orang penderita AIDS.

Sedangkan angka penderita yang terdeteksi setiap tahunnya jauh lebih besar. Misalkan di periode 2010 lalu, terdapat 50 orang penderita, sedangkan di 2011 ini hingga Juni sudah ditemukan 27 penderita.

"Angka ini akan terus bertambah, karena ada penderitan yang tidak mau diperiksa," katanya.

Tingginya warga kota terinfeksi virus yang belum ada obatnya ini, maka 50 perusahaan yang ada di Palembang dikumpulkan di Dinas Tenaga Kerja Palembang.

Pertemuan dimaksud agar para pemilik perusahaan mensosialisasikan bahaya HIV/AIDS kepada pekerjanya, khusus bagi perusahaan ekspedisi, angkutan barang, dan lain-lain.

Terkait identitas penderita, Zailani tidak bersedia membukanya karena berdasarkan kesepakatan internasional justru harus melindungi dan menyembunyikan karena menghormati Hak-Hak Azazi Manusia (HAM).

Namun begitu, kepada penderita diberikan pemahaman agar tidak menyebarkan virus tersebut kepada orang lain.

Sumber: www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4253