www.cenderawasihpos.com
">


Sosialisasi HIV-AIDS, YPKM Regio Mamta Buka Stand di FDS
Tanggal: Friday, 24 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Cendrawasih Pos, 23 Juni 2011

SENTANI- Untuk lebih menyebarluaskan informasi penanggulangan bahaya HIV-AIDS di semua lapisan mayarakat, Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (YPKM) Papua Regio Mamta memanfaatkan moment FDS untuk sosialisasi dan kampanye. YPKM Regio Mamta yang menempati salah satu stand di Festival Danau Sentani (FDS), melakukan sosialiasi dan kampanye HIV-AIDS dengan membagi brosur, kondom laki-laki dan perempuan dan konsultasi tentang HIV-AIDS.

PJS YPKM Regio Mamta Sandra Pallo mengungkapkan bahwa sudah dua tahun terakhir ini, pihaknya berpartisipasi dalam even FDS dengan melakukan kampanye dan sosialisasi penanggulangan HIV-AIDS. “Tujuan kami melakuan sosialisasi dan kampanye, dengan membagi-bagikan brosur tentang HIV-AIDS, kondom dan konsultasi tentang HIV-AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS),”tutur Sandra Pallo saat ditemui Cenderawasih Pos di stand YPKM di lokasi FDS, Pantai Kalkhote Distrik Sentani Timur, Rabu (2/6) kemarin.

Menurutnya, respon pengunjung memang sangat banyak. Sekitar 100-an pengunjung datang dan antusias melihat penampilan informasi dan data-data tentang HIV-AIDS. Bahkan sebagian pengunjung juga banyak meminta kondom yang disediakan, baik laki-laki maupun perempuan.

“Kalau ada yang mau melakukan pemeriksaan VCT, kami siap mendampingi ke rumah sakit Yowari,”ujar Sandra Pallo yang mengaku 2 dos berisi 144 kondom pria habis dibagikan kepada pengunjung yang sudah berkeluarga.

Diakui, respon masyarakat sesuai kesan dan pesan dalam buku tamu memang sangat beragama. Yang lebih menarik, bahwa sejumlah masyarakat yang ada di kampung-kampung ini, justru mereka meminta agar ada sosialisasi tentang HIV-AIDS di gelar di kampung mereka.

“Seperti di kampung Yokiwa, ada kepala kampungnya yang dengan penuh kesadaran meminta agar kami melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV-AIDS di kampung mereka,”tuturnya.

Ditambahkan bahwa pada prinsipnya, YPKM Regio Mamta siap memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk sosialisasi bahaya HIV-AIDS. Oleh karena itu, setiap ada even kegiatan, seperti FDS ini, pihaknya berusaha untuk memanfaatkan moment tersebut untuk sosialsasi tentang HIV-AIDS. (tri)

Sumber: www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4255