Balita Pengidap HIV di Depok Butuh Uluran Tangan
Tanggal: Tuesday, 28 June 2011
Topik: HIV/AIDS


Okezone.com, 27 Juni 2011

DEPOK – TAZ, balita perempuan berumur lima tahun ini harus memikul beban hidup yang berat setelah divonis dokter mengidap penyakit HIV positif.

Meski begitu, balita asal Kelurahan Mampang, Pancoran Mas Depok ini, tetap lincah bermain bersama teman sebayanya.

TAZ dinyatakan mengidap HIV positif saat dia masih berusia enam bulan. Berawal dari demam terus menerus yang diderita TAZ dan tak kunjung sembuh.

Buah hati kedua dari pasangan orang tua R dan M ini memang berasal dari keluarga yang tak mampu. TAZ dipastikan tertular HIV dari ayahnya.

Nenek TAZ, Nyai (61) menuturkan TAZ terbukti mengidap HIV setelah dites darah di Puskesmas Cimanggis, Depok. Setelah itu, TAZ secara rutin tiga bulan sekali wajib berobat ke RS Fatmawati.

“Awalnya muntah–muntah, pusing, radang tenggorokan, bibirnya semua dipenuhi luka seperti sariawan berwarna putih, buang air besar bisa delapan kali,” katanya kepada wartawan, Senin (27/06/11).

TAZ juga menjalani scanning otak dan sempat dirawat di RS Fatmawati hingga 12 hari saat TAZ berumur empat tahun. Namun derita TAZ, tak terlihat di raut wajahnya, sebab TAZ tetap mengenyam pendidikan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lingkungannya.

“Di Fatmawati dulu bayar Rp5 juta namun dapat keringanan hanya harus bayar Rp700 ribu, tapi untuk berobat selama ini hanya mengandalkan pekerjaan kakeknya sebagai buruh tani,” tandas Nyai.

Sumber: news.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4273