Z, Gadis Kecil Korban 'Kebandelan' Sang Bapak
Tanggal: Thursday, 30 June 2011
Topik: Narkoba


Detiknews.com, 28 Juni 2011

Jakarta - Jangan sepelekan ancaman penyebaran virus HIV dari penggunaan narkoba. Dampak merusaknya tidak hanya akan menimpa pelakunya, tetapi juga menulari pasangan hidup dan bahkan bayi yang masih berada dalam kandungan sekalipun.

Salah satu yang menjadi korban 'dosa turunan' ini Z, gadis cilik yang kini bersekolah di sebuah TK di kawasan Pancoran Mas, Jawa Barat. Z yang saat ini berumur enam tahun dinyatakan positif terjangkit HIV sejak berusia enam bulan.

Virus itu ditularkan oleh ibundanya, Rosalina, yang tutup usia akibat AIDS pada 2009 lalu. "Ibunya ketularan dari suaminya, Ridwan. Orangnya memang suka mabuk-mabukan dan pakai narkoba," ujar Nyai (61), nenek kandung Z.

Sementara penyakit AIDS juga sudah merenggut nyawa Ridwan pada 2005 silam. Kini, Z yang yatim piatu sejak 2009 diasuh kakek-neneknya yang sehari-hari hanya mengandalkan penghasilannya sebagai buruh tani.

"Kakaknya Z juga meninggal karena AIDS, waktu itu umurnya 2,5 tahun," kata Nyai.

Nyai menceritakan, bila sedang kambuh, Z kerap mengeluhkan sakit kepala yang teramat sangat dan sesak di bagian dada. "Kalau malam muntah-muntah," imbuh Naim (68), kakek Z.

Ketika reporter detikcom bertandang ke kediamannya yang berada di gang sempit di Pancoran Mas, Depok, Selasa (28/6/2011), Zahra baru saja pulang dari sekolah dan langsung bermain dengan teman-temannya. Dia terlihat paling kurus diantara teman-teman sepermainannya.

"Berat badannya sudah naik 4 kilo dari 12 kilo. Sekarang sedang sehat tiga bulan ini," ujar Nyai lagi.

Untungnya perlakuan para tetangga kepada Zahra sangat baik. Tidak ada diskriminasi atau larangan bermain dengan anak-anak lain baik di sekolah maupun di sekitar rumah seperti yang kerap menimpa para pengidap HIV dewasa.

(ken/asy)

Sumber: www.detiknews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4276