www.detiknews.com
">


Hanya PRT, Ibunda Bocah R Sulit Biayai Pengobatan HIV Anaknya
Tanggal: Friday, 01 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Detiknews, 29 Juni 2011

Jakarta - Ibunda bocah R banting tulang mencari biaya pengobatan bagi buah hatinya yang positif terkena HIV. Kini R tengah menjalani pengobatan dengan mengandalkan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Rumah Sakit Fatmawati.

Sayangnya, R hanya bisa menjalani pengobatan rawat jalan akibat sang ibu tak kuat membiayai. Zubaedah hanyalah seorang pembantu rumah tangga.

Lebih lanjut, Zubaedah menceritakan, pada awalnya R sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Namun, R hanya bertahan 18 hari dirawat karena Zubaedah tak kuat membiayai.

Perawatan R lantas dilanjutkan ke RS Fatmawati. Namun, hanya bisa rawat jalan setiap 2 minggu sekali.

"Untungnya di RS Fatmawati biaya pengobatan dibantu sama Jamkesda sehingga bisa menolong," terang Zubaedah saat ditemui detikcom di kediamannya yang terletak di Jl Damai, RT 1 RW 3, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Rabu (29/6/2011).

Zubaedah tak tega melihat kondisi R yang kini semakin melemah, ditambah anak semata wayangnya tersebut juga tak bisa makan nasi dan hanya bisa minum susu. Zubaedah pun hanya berharap, ada dermawan yang bersedia membantu biaya pengobatan anaknya.

"Saya berharap nantinya ada yang membantu biaya pengobatan si R ini. Penghasilan saya sebulan cuma Rp 800 ribu, jadi jelas tidak cukup untuk kehidupan sehari-hari maupun pengobatan si R," harapnya.

Sementara itu, Zubaedah menambahkan, keadaan R yang terlampau lemah seringkali membuat anaknya tak bisa bermain bersama teman sebaya. Apalagi R adalah anak yang pemalu, jadi kesehariannya lebih banyak dihabiskan di dalam rumah.

"Si R sih sebenernya mau main, cuma kadang fisiknya enggak kuat. Dan memang dasarnya anaknya pemalu, jadi kalau sama orang yang baru kenal, agak susah untuk bergaul," tandas Zubaedah yang juga terlihat pucat ini.

(nvc/fay)

Sumber: www.detiknews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4286