news.okezone.com">


Jarum Suntik Jadi Penyebab HIV Tertinggi di Depok
Tanggal: Friday, 01 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Okezone.com, 29 Juni 2011

DEPOK – TAZ dan MR adalah balita di Mampang, Pancoran Mas, Depok yang menjadi korban perilaku orangtuanya, pecandu narkoba yang dikonsumsi dengan jarum suntik. Hal itu menyebabkan kedua balita malang itu mengidap virus HIV positif sejak dalam masa kandungan.

Sesuai data Badan Narkotika Kota (BNK) Depok, angka pengguna narkoba dengan jarum suntik hampir mendekati 70 orang. Narkoba dengan jarum suntik pun menjadi salah satu jenis yang menjadi favorit para pecandu.

Penggunaan jarum suntik secara bergantian, tentunya dapat menularkan virus HIV/AIDS. Hal itulah yang terjadi pada ayah TAZ dan MR, Sugianto dan Ridwan yang sudah meninggal lebih dulu dimakan virus yang mematikan itu.

Wakil Wali Kota Depok yang juga menjabat sebagai Ketua BNK Idris Abdul Somad mengatakan, untuk mencegah penggunaan narkoba, pihaknya terus melakukan pembinaan dan terapi rehabilitasi bekerjasama dengan yayasan terkait. Sebab, kata Idris, jumlah pengguna narkoba di Depok sudah memprihatinkan.

“Karena kita terletak di tengah-tengah posisinya, sehingga sebagai pengguna jumlahnya sudah memprihatinkan, dan narkoba jarum suntik sebagai pengguna mayoritas,” katanya kepada wartawan, Selasa (29/6/2011).

Idris menambahkan, sedikitnya selama ini sudah ada belasan pengguna narkoba yang meninggal karena virus HIV. “HIV ada 146 penderita, dan AIDS sebanyak 7 penderita, kebanyakan pemderita dicatat di Jakarta tempat mereka berobat,” tandasnya.

(abe)

Sumber: news.okezone.com





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4289