www.cenderawasihpos.com
">


2006-2011, RSDH Waena Layani 386 Penderita HIV-AIDS
Tanggal: Friday, 01 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Cendrawasih Pos, 01 Juli 2011

JAYAPURA-Sejak membuka pelayanan Voluntary Counseling Test (VCT) pada tahun 2006, Rumah Sakit Dian Harapan (RSDH) Waena telah memberikan pelayanan kesehatan kepada 386 pasien yang mengidap HIV-AIDS. Menurut Kepala Ruangan VCT RSDH Waena, Bruder Agus, dari 386 pasien tersebut kebanyakan berasal dari luar Kota Jayapura.

Menurut Bruder Agus, selama ini RSDH Waena tetap memberikan pelayanan yang sama kepada pasien yang terinfeksi HIV-AIDS. “Pelayanan yang kami berikan kepada semua pasien sama, termasuk yang mengidap HIV-AIDS. Hal ini kami lakukan agar pasien tersebut tidak merasa didiskriminasikan,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (30/6).

Dikatakan, masih tingginya kasus HIV-AIDS di Provinsi Papua harus menjadi perhatian serius semua daerah dan bukan hanya kabupaten/kota yang selama ini dilaporkan memiliki kasus HIV-AIDS yang tinggi.

Sebab tidak tertutup kemungkinan para pengidap HIV-AIDS tersebut justru berasal dari daerah-daerah yang selama ini dianggap memiliki kasus HIV-AIDS yang kecil. Ia mencontohkan untuk Kota Jayapura, kebanyakan pasien pengidap HIV-AIDs yang ditemukan dari hasil VCT justru berasal dari luar kota.

Mengenai jumlah pasien pengidap HIV-AIDS yang ditemukan dari hasil VCT yang terbaru, Bruder Agus mengungkapkan bahwa untuk periode 25 Mei hingga 25 Juni 2011, ditemukan 16 pasien yang mengidap HIV-AIDS. Dari jumlah tersebut menurutnya 2 diantaranya adalah balita dan 1 orang ibu hamil. (ado/nat)

Sumber: www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4301