www.analisadaily.com
">


KPA Cegah Penyebaran AIDS Melalui Dunia Pendidikan
Tanggal: Friday, 01 July 2011
Topik: Narkoba


Harian Analisa, 01 Juli 2011

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau melalui komisi penanggulangan AIDS setempat berupaya mencegah penyebaran virus penyakit tersebut dengan memasukkan materi tentang bahaya penyakit tersebut ke dalam kurikulum pendidikan.

"Upaya ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Diharapkan pelajar khususnya setingkat sekolah menengah atas sadar dengan tidak melakukan aktivitas yang rentan terhadap penularan AIDS," kata Sekretaris KPA Rokan Hilir Tribuana Tungga Dewi di Bagansiapiapi, Sabtu.

Menurut Tribuana, pola tingkah yang rentan terhadap penyakit mematikan itu diantaranya adalah melakukan hubungan seks diluar nikah atau secara berganti-ganti dan mengkonsumsi narkoba.

"Jika dua hal ini saja tidak dilakukan, maka potensi penularan 'human immunodeficiency virus' (HIV)/ 'acquired immune deficiency syndrome' (AIDS) akan sangat minim," ujarnya.

Saat ini di Rokan Hilir, kata Tribuana, sedikitnya terdapat 64 kasus yang terdiri dari 37 kasus HIV dan 27 kasus AIDS, dimana beberapa diantaranya merupakan kalangan remaja pelajar.

Kondisi tersebut sudah sangat memprihatinkan, dan sudah saatnya semua pihak berperan aktif memerangi penyakit mematikan itu," katanya.

Selain melalui dunia pendidikan, menurut Tribuana, sebaiknya juga wujud perang terhadap AIDS dilakukan dengan cara penyuluhan dan sosialisasi di tengah masyarakat umum.

"Dengan berbagai upaya ini, penyebaran HIV/AIDS pasti akan dapat teratasi," demikian Tribuana. (Ant)

Sumber: www.analisadaily.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4303