batam.tribunnews.com
">


Napi Lapas Meninggal di RS, Diduga Idap HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 04 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWSBATAM.COM, 04 Juli 2011

BATAM - Sug (35) narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Batam yang diduga terkena HIV/AIDS, meninggal dunia di Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Minggu (3/7) sekitar 03.30 dini hari. Namun sebelumnya, Sug (35) sudah mendapat perawatan dari 8 Juni lalu di RSBK.

Kepala Lapas kelas IIA Batam, Sutrisman saat dikonfirmasi membenarkan napi yang meninggal dunia itu adalah salah satu warga binaan di Lapas setempat karena kasus narkoba. Sug merupakan napi pindahan dari Rumah Tahanan (Rutan) Baloi Desember 2010 silam.

"Dalam kasus narkoba itu, napi ini divonis empat tahun Penjara. Dari awal masuk ia sudah mengakui terjangkit penyakit HIV/AIDS. Bahkan sering mengeluh sakit, sempat kita rawat di klinik lapas. Belakangan penyakitnya makin parah. Makanya kita rujuk ke RSBK dengan fasilitas askes,"ujar Sutrisman.

Menurut dia, sebelumnya berdasarkan hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan dokter di klinik Lapas, Sug menderita kanker darah dan infeksi lainnya. Untuk keperluan pemeriksanaan lebih lanjut, yang bersangkutan kemudian dirujuk ke RSBK, tetapi akhirnya meninggal dunia setelah beberapa hari mendapat perawatan.

Kata dia, penyakit yang diidapnya sudah sangat memprihatinkan. Bahkan badannya sudah sangat kurus.

"Napi ini tidak ada keluarganya di Batam, keluarganya di Jakarta. Tapi kita sudah berkordinasi dengan keluarganya di Jakarta. Keluarganya sudah menyerahkan ke pemerintah semunya, minta dikuburkan saja di Batam. Sebagai umat muslim, napi ini secepatnya kita kebumikan,"ungkap Sutrisnan.(tribunnewsbatam.com / apr)

Sumber: batam.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4315