www.jpnn.com
">


Napi Meninggal Karena AIDS
Tanggal: Monday, 04 July 2011
Topik: Narkoba


JPNN.COM, 04 Juli 2011

BATAM - Setelah bergelut dengan penyakit HIV/AIDS selama hampir setahun lebih, Sugialy Sukarno alias Ali, 35, narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Barelang, meninggal di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK), Minggu (3/7) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Kepala Lapas Barelang Sutrisman, mengatakan penyakit HIV/AIDS sudah diderita Sugialy sebelum masuk lapas. Ia meninggal saat menjalani perawatan di RSBK. "Sebelumnya dia (Ali) memang sudah dirawat di klinik Lapas, namun karena kondisinya kian memburuk, tanggal 8 Juni kami bawa dia ke RSBK," ungkap Sutrisman, Minggu (3/7).

Jenazah Ali akan diurus oleh pihak Lapas. Keluarga korban sudah tak peduli lagi dengan Ali."Sejak awal kami sudah mencoba menghubungi keluarganya di Jakarta, nggak ada respon sampai saat ini," ungkap Sutrisman seperti dilansir Batam Pos (JPNN Group).

Jenazah Ali rencananya dimakamkan di Batam namun belum pasti kapan dan di mana lokasinya. Lapas menunggu koordinasi dengan pihak rumah sakit.

Almarhum Ali, kata Sutrisman, selama di Lapas dikenal napi yang baik dan penurut."Masuk lapas sejak Desember 2010, dengan masa hukuman empat tahun penjara, pasal 112 UU No. 35 tahun 2009 tentang penggunaan narkotika dan obat-obat terlarang," ungkap Sutrisman.

Mengenai pencegahan pihak Lapas terhadap terjangkitnya penyakit mematikan itu di dalam Lapas, Sutrisman mengatakan, pihaknya sudah mencoba semaksimal mungkin untuk memberikan perlakuan khusus kepada warga binaan yang terdeteksi penyakit AIDS. Di antaranya pemberian pengobatan khusus di klinik dan penyuluhan.

"Yang kena ini (AIDS) bawaan dari luar. Meskipun diperhatikan secara khusus, tetap nilai kemanusiaan terkait tidak kami kurangi. Semuaya diperlakukan sama namun ada khusus dalam hal tertentu bagi penderita penyakit AIDS," ujar Sutrisman. (eja)

Sumber: www.jpnn.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4316