www.mediaindonesia.com
">


Napi LP Barelang Batam Meninggal karena AIDS
Tanggal: Monday, 04 July 2011
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 04 Juli 2011

BATAM : Sugiali Sukarno, narapidana kasus narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Barelang, Batam Provinsi Kepulauan Riau, meninggal karena acquired immune deficiency syndrome atau AIDS, Minggu (3/7).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Barelang, Sutrisman, mengatakan, sebelumnya Sugiali atau Aly (35) dirawat di Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Batam sejak 8 Juni 2011 karena kondisinya sangat memprihatinkan.

"Ia sudah dinyatakan positif AIDS saat masuk Lapas Barelang pada 22 Desember 2010," kata Sutrisman. Sugiali divonis empat tahun penjara dan denda Rp800 juta dalam perkara kejahatan narkotika.

Sutrisman mengatakan, selain Sugiali di Lapas Barelang ada beberapa narapidana yang terjangkit HIV/AIDS. "Saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya, namun ada beberapa narapidana yang saat masuk ke Lapas Barelang sudah terjangkit HIV/AIDS," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan AIDS Kota Batam mencatat Januari-Maret 2011 jumlah penderita HIV baru di Batam mencapai 98 orang, terdiri dari 43 laki-laki dan 55 perempuan. Sementara, pengidap AIDS baru 33 orang, terdiri dari 19 laki-laki dan 14 perempuan.

"Selama tiga bulan 23 orang di Batam telah meninggal karena AIDS," kata Ketua Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kota Batam, Pieter P Pureklolong. Menurut Pieter, rata-rata penderita HIV di Batam berusia produktif (20-49 tahun). (Ant/OL-2)

Sumber: www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4317