www.mediaindonesia.com
">


Dua Bayi Terinveksi HIV/AIDS Meninggal Dunia
Tanggal: Tuesday, 05 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia.com, 04 Juli 2011

BALIKPAPAN : Dua bayi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur positif terinveksi HIV/AIDS.

Sedangkan dua bayi lainnya meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Bayi-bayi itu terkena penyakit mematikan itu dari orang tua.

"Bayi yang terinveksi dan meninggal karena HIV/AIDS ada dua, baru lahir sekitar 3 bulan dan 7 bulan, mereka tertular dari orang tua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Mulyani, Senin (4/7).

Penderita HIV/AIDS di Kota Balikpapan terus meningkat tiap tahunnya. Hingga Mei 2011 jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Balikpapan mencapai 444 orang. Jumlah itu naik 125 orang dari 2010, yang jumlah penderita 319 orang.

"Sekitar 95 persen penderita HIV/AIDS pria, paling tua berusia 59 tahun dan paling muda berusia 20 tahun, tapi rata-rata usia muda," kata Dyah.

Rata-rata warga terinveksi HIV/AIDS, karena hubungan seks yang menyimpang dan penyalahgunaan narkoba. Sedangkan yang telah meninggal karena HIV/AIDS sejak 2010 hingga Mei 2011 mencapai 55 orang.

Saat ini ada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan bagi penderita HIV/AIDS, yakni Rumah Sakit Umum Kanudjoso, Rumah Sakit Pertamina, dan Rumah Sakit Tentara. Dana yang dialokasikan 2011 untuk penanggulangan HIV/AIDS Rp300 juta.

Ia menambahkan, penderita HIV/AIDs yang tidak terdata Pemerintah Kota Balikpapan juga cukup banyak. Ada sekitar seratusan. (OL-12)

Sumber: www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4323