Menkes Awasi Kasus HIV di Depok
Tanggal: Wednesday, 06 July 2011
Topik: HIV/AIDS


VIVAnews.com, 05 Juli 2011

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih prihatin dengan kasus HIV yang terjadi di Depok. Human Immunodeficiency Virus telah menewaskan satu keluarga di Pancoran Mas, Depok. Saat ini tinggal Zh, bocah 6 tahun yang terpaksa mewarisi virus dari ayahnya yang pecandu narkoba.

Menurut dia, kejadian itu menjadi perhatian bagi kementeriannnya untuk lebih giat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tertular HIV/AIDS.

Meski begitu, menurut Endang, diperlukan peran serta masyarakat mencegah hal semacam itu terus terjadi. "Warga juga harus peka, bila ada yang mabuk, atau yang berpotensi tertular AIDS segera melapor," kata Endang usai melantik pejabat Eselon I dan II di Aula Kemenkes, Jakarta, Selasa 5 Juli 2011.

Menurut Endang, saat ini Zh dapat berobat ke Rumah Sakit Fatmawati, karena kemenkes sudah menghubungi langsung direktur rumah sakit itu. Ketika Disinggung apakah Zh akan mendapatkan Jaskesmas, Endang memberikan sinyal kalau penderita termasuk dalam kategori miskin, bisa segara mendapatkan Jamkesmas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara itu berdasarkan data LSM Stigma, sedikitnya ada 10 anak di Depok, Jawa Barat, tertular HIV/AIDS dari orangtua mereka. Dari catatan, sepuluh anak penderita HIV/AIDS itu tersebar di sejumlah wilayah di kota Depok, seperti Tapos, Pancoran Mas, dan Sawangan.

Sejak 2005, tren peningkatan jumlah penderitanya mulai terjadi. Sejak 2006 hingga 2010, penderita penyakit mematikan itu melonjak sampai 27 persen. Kebanyakan penularan melalui penggunaan narkoba suntik.

Pada 2006, penderita HTV/AIDS tercatat 290 orang. Dan empat tahun kemudian melonjak menjadi 750 penderita. Meski begitu, diyakini masih banyak penderita positif HIV/AIDS di kota itu. (umi)

Sumber: metro.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4330