www.pontianakpost.com
">


Konselor Terbentur Dana
Tanggal: Wednesday, 06 July 2011
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 05 Juli 2011

KONSELOR HIV/AIDS di VCT Tulipe di RSUD Sanggau Akhirul Ramadhan SKM mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah menghadapi persoalan dana operasional.“Mengingat betapa penting dan strategisnya keberadaan VCT ini, maka membutuhkan bantuan dan kepedulian Pemkab Sanggau. Apalagi jika mengingat penyerabaran HIV/AIDS di Kabupaten Sanggau ini pantas untuk diwaspadai,” harapnya.Terkait persoalan dana ini, menurut Akhirul, operasional VCT Tulipe di RSUD Sanggau ini sebelumnya didanai oleh Global Found. Namun dana itu sifatnya hanya stimulant alias rangsangan, dan kini bantuan yang mengalir dari Global Found sudah minim. Sehingga jumlah konselor yang ada di VCT Tulipe RSUD Sanggau saat ini hanya sebanyak 3 orang. “Akhirnya, VCT Tulipe ini hanya bisa bekerja pasif tidak dapat aktif. Sebab, untuk biaya operasionalnya tidak tersedia,” ujarnya.

Dituturkannya, bahwa dulu pernah ada anggaran untuk konselor jemput bola ke lapangan, ke kawasan atau kelompok-kelompok beresiko tinggi. Namun kini sudah tidak ada lagi konselor ‘penjemput bola’ ke lapangan karena ketiadaan dananya. “Karenanya, kami berharap supaya Pemkab Sanggau dapat mengalokasikan dana untuk VCT Tulipe di RSUD Sanggau ini. Sehingga akan lebih banyak yang bisa diperbuat dan dilakukan untuk penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Sanggau ini,” jelasnya.

Sebagai catatan, di sepanjang tahun 2011 hingga Juni ini, pihaknya telah mendeteksi sebanyak 7 kasus baru. Dengan rincian, pada Januari nihil, Februari terdeteksi 2 kasus, Maret nihil, April 1 kasus, Mei 2 kasus dan di Juni ini terdeteksi 2 kasus. Sementara itu jika data secara global, sejak berdirinya VCT Tulipe pada tahun 2008 silam, sudah mendata sebanyak 60 kasus, dan 8 orang penderita diantaranya sudah meninggal. “Yang memperihatinkan pula, para pengidap penyakit HIV/AIDS ini terjadi disegala usia, baik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan,” ujar Akhirul.(nto)

Sumber: www.pontianakpost.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4331