Sudah Ada Anggota TNI Kena HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 06 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Pos Kota, 05 Juli 2011

LAMPUNG – Penyebaran HIV-AID yang sudah sangat meresahkan di Lampung membuat berbagai instansi melakukan pencegahan agar penyebarannya tidak meluas. Untuk itulah Kementrian Pertahanan Republik Indonesia melakukan pelatihan terhadap 30 peserta dari TNI.

”Prajurit TNI merupakan bagian dari masyarakat dan bergaul di tengah masyarakat umum, tentunya penyebaran HIV-AIDS di lingkungan TNI tidak mustahil akan mendekati kondisi kesamaan dengan yang terjadi di masyarakat. Karena itu, kondisi ini harus menjadi perhatian kita semua,” ujar Direktur Kesehatan Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan, Brigadir Jenderal TNI dr. Harri Yusmanadi ketika membuka pelatihan Peer Leader HIV-AIDS di Makorem 043 Gatam pada Selasa (5/7).

Lanjutnya dr. Harri membeberkan, dari data yang ada Ditjen Kuathan, beberapa anggota TNI diketahui sudah ada yang terjangkit penyakit tersebut. Ini terungkap saat mengadakan kegiatan donor darah yang sering dilakukan secara berkala di lingkungan TNI, tetapi untuk jumlahnya tidak usah kami sebutkan, yang pasti sudah ada anggota TNI yang terjangkit penyakit ini.

Menurutnya, upaya dan strategi penanggulangan HIV-AIDS secara intensif dan terpadu harus dilaksanakan agar tidak semakin berlanjut dan menjadi epidemi yang meluas di lingkungan Kemenhan dan TNI.

Dia menilai, penanggulangan HIV-AIDS merupakan salah satu bentuk kegiatan penting untuk mendukung dan mempersiapkan komponen pertahanan negara, agar tercapai tingkat kesiapan yang optimal dan produktif.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Ditkes Kuathan Kemenhan di bidang kebijakan tentang penanggulangan penyakit berdampak nasional khususnya HIV-AIDS yaitu dengan melatih para komandan satuan ditingkat bawah atau perwira perwira teritorial untuk dapat memahami penyakit HIV-AIDS ini.

Adapun tujuan kegiatan tersebut juga diadakan, agar para komandan satuan ditingkat bawah yang mengikuti pelatihan menyampaikan informasi yang benar kepada teman sebaya atau masyarakat di lingkungannya tentang HIV-AIDS, sehingga diharapkan dapat menekan penyakit tersebut di lingkungan Kemenhan dan TNI.

Kegiatan ini juga sebagai upaya Ditkes Kuathan Kemenhan dalam penanggulangan HIV-AIDS di lingkungan Kemenhan dan TNI sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran komunitas dalam pencegahan penularan yang dapat terjadi pada seluruh lapisan masyarakat.

Dia menambahkan, harapan lebih jauh adalah agar para anggota TNI dan PNS peduli dan berupaya melindungi diri serta keluarganya dari penularan HIV.

Kepala Penerangan Korem 043 Gatam Mayor Infanteri Subagya Pujiarno mengatakan, kegiatan pelatihan Peer Leader HIV-Aids di ikuti oleh seluruh jajaran TNI di Provinsi Lampung, baik TNI AD, AL, maupun AU. ”Jumlah pesertanya 30 orang yang terdiri dari para komandan satuan ditingkat bawah jajaran TNI,” pungkasnya.

(koesma/sir)

Sumber: www.poskota.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4332