jateng.tribunnews.com
">


KPA Prediksi 3.353 Kasus HIV/AIDS di Yogyakarta
Tanggal: Wednesday, 06 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNJATENG.COM, 05 Juli 2011

YOGYA - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Propinsi DI Yogyakarta memprediksi laju pertumbuhan pengidap HIV/AIDS di Yogyakarta akan mencapai 3.353 kasus/tahun. Jumlah itu bukan mustahil terjadi, jika program untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS tidak dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang sudah diprogramkan. Data menyebutkan, kasus HIV tercatat sebanyak 783 kasus, AIDS sebanyak 505 kasus kemudian ODHA tercatat sebanyak 1.288 kasus. Klaim angka itu didapat dari temuan kasus yang sudah teridentifikasi melalui mekanisme medis.

"Artinya, mereka sudah dipastikan mengidap HIV/AIDS, melalui berbagai cara, baik penggunaan jarum suntik maupun secara seksual,"kata Nova Wijdanarko dari Dinas Kesehatan DIY, pada acara Media Gathering di Garden Resto Purawisata, Selasa (05/6).

Prediksi capaian angka 3.353 kasus HIV/AIDS per tahun disebabkan oleh berbagai faktor pendukung yang mempermudah penyebaran, lanjutnya, beberapa diantara adalah temuan soal sebanyak 67 persen pengidap yang melakukan hubungan seksual tidak menggunakan alat kontrsepsi (kondom).

Sumber: jateng.tribunnews.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4337