www.mediaindonesia.com
">


Ratusan Warga Depok Idap HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 06 July 2011
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 06 Juli 2011

DEPOK: Data Dinas Kesehatan Kota Depok, Jawa Barat menunjukkan penderita HIV/AIDS di wilayah ini tercatat 138 orang. Sebagian besar penderita adalah warga Kecamatan Beji, Pancoran Mas, Tapos, dan Kecamatan Sukma Jaya.

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan sudah belasan orang Kota Depok yang meninggal akibat penyakit mematikan itu. "Saya prihatin dengan penyebaran virus HIV/AIDS di Kota Depok," katanya, Selasa (5/7) saat mengunjungi dua bocah penderita HIV/AIDS yaitu ZH, 6, dan RF, 4, warga Pancoran Mas.

ZH dan RF tertular virus memastikan ini dari orang tua masing-masing yang mengidap HIV/AIDS. Kedua orang tua bocah ini tertular HIV/AIDS melalui jarum suntik dan telah meninggal beberapa waktu lalu. "Ayah ZH dan RF merupakan pacandu narkoba," ujarnya.

Berdasarkan data LSM Stigma, sedikitnya ada 10 anak di Depok, Jawa Barat, tertular HIV/AIDS dari orangtua mereka. Dari catatan, sepuluh anak penderita HIV/AIDS itu tersebar di sejumlah wilayah di Kota Depok.

Sejak 2005, tren peningkatan jumlah penderitanya mulai terjadi. Sejak 2006 hingga 2010, penderita penyakit mematikan itu melonjak sampai 27 persen. Kebanyakan penularan melalui penggunaan jarum suntik narkoba. (KG/OL-04)

Sumber: www.mediaindonesia.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4339