Puskesmas diminta jalankan program pengendalian penyakit
Tanggal: Monday, 11 July 2011
Topik: Narkoba


Bisnis Indonesia, 10 Juli 2011

JAKARTA: Pengelola Puskesmas diminta ikut menjalankan program pengendalian penyakit dan kesehatan lingkungan karena merupakan bagian tidak terpisahkan dari tugas sehari-hari. Kegiatan pengendalian penyakit ini, kata Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, mencakup beberapa hal. Promotif, seperti penyuluhan kesehatan dengan poster. Preventif, misalnya program vaksinasi, penggalakan kegiatan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Selain itu, katanya, kuratif, misalnya pengobatan pasien tuberculosis (TB) dan Malaria. Rehabilitatif, misalnya, membantu gangguan fungsi orang yang pernah terkena kusta agar dapat bekerja kembali di masyarakat.

Tjandra, yang saat ini mengunjungi Puskesmas Dua Bocooa di Kab. Bone Sulawesi Selatan, menuturkan Puskesmas tersebut mencakup 12 desa dengan 15.000-an penduduk. Puskesmas ini merupakan salah satu dari ribuan pusat kesehatan masyarakat yang mempunyai tugas antara lain dalam pengendalian penyakit menular.

Dia mengatakan pengendalian, bukan hanya secara pasif mengobati pasien yang datang ke poliklinik. Namun juga antara lain bagaimana menangani pasien yang harus makan obat rutin berbulan-buan lamanya (misalnya TB atau kusta).

"Di puskesmas Dua Bocooa ini, saya cek langsung. Antara lain mereka melakukan kegiatan pengendalian penyakit seperti TB," ujarnya dalam surat elektroniknya hari ini.

Program imunisasi berjalan baik, katanya, cakupannya lebih dari 80% untuk semua desa. Lemari pendingin dan termos sebagai bagian dari cold chain untuk menyimpan dan membawa vaksin juga tersedia baik. Juga tersedia berbagai poster dan gambar untuk pengendalian HIV/AIDS, penyakit tidak menular dan lainnya. (tw)

Sumber: www.bisnis.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4364