Bangkitkan Semangat Pemuda, KNPI Papua Turun Kampung
Tanggal: Tuesday, 12 July 2011
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 11 Juli 2011

JAYAPURA – Untuk mendorong dan membangkitkan semangat generasi muda untuk membangun di kampungnya masing-masing, Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Yohanes Yusak Andato, S Sos bersama rombongan turun ke Kampung Imestum Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura. Selain berdialog dengan pemuda kampung, KNPI juga melakukan melakukan berbagai kegaitan termasuk pembinaan bercocok tanam.

Ketua Panitia Kegiatan Harris E Karubaba S.IP yang membindangi Pemberdayaan Kampung mengungkapkan Turkam KNPI kali ini adalah sesuai hasil Raker KNPI dan juga Visi dan Misi ketua KNPI Bung Yusak Andato. “Tujuan dari Turkam KNPI ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat dan potensi pemuda di kampung untuk berperan aktif dalam pembangunan di kampung-kampung,’tuturnya.

Turkam di Kampung Imestum ini memang yang pertama, selanjutnya KNPI juga akan melakukan Turkam di 29 Kabupaten/Kota di Papua. Di setiap kabupaten, KNPI akan memilih satu kampung untuk dijadikan kampung binaan KNPI Provinsi Papua.

Sementara itu, dihadapan ratusan masyarkat pemuda di Imestum, Ketua KNPI Papua Yusak mengatakan bahwa generasi muda adalah Agen Pembaharu bagi suatu bangsa atau Negara. Kalau pembanguanan di kampung mau sukses, maka pemuda-pemuda di kampung harus didorong untuk terus mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk membawa perubahan bagi kampung ini dan juga bagi bangsa.

Dalam Turkamnya ini, KNPI Papua menetapkan Kampung Imestum sebagai kampung binaan KNPI Papua, yang ditandai dengan Pencanangan Kebun Pemuda seluas 5 hektar, untuk ditanami kacang tanah dan kacang pajang dan tanaman pohon jarak sebagai bio energy alternative. “Apa yang kami lakukan ini diharapkan ada dukungan dari pemerintah daerah,”ujarnya.

Selain itu, dalam Turkamnya, KNPI juga melakukan diskusi tentang pendidikan di kampung, melakukan pelatihan manajemen koperasi kampung yang sampaikan oleh dinas koperasi provinsi papua yang di Wakili Bapak Ibrahim Nauw. Sosialisasi penanggulangan bahaya HIV-AIDS oleh KPAD Provinsi Papua dengan pemutaran tiga film yang disampaikan Reynaldi Tokoro,S.Sos. Dan memberikan pemahaman tentang Hak Azasi Masyarakat, HAM.

KNPI juga memberikan bantuan usaha bagi kelompok Usaha Pemuda yang diberi nama Viktori sebesar Rp 10 juta. KNPI Distrik Namblong diberikan bantuan Rp 2 juta, Gereja Adven Imestum Rp 1 juta, Gereja GBI Besum Rp 1 juta, dan Gereja Pekabaran Injil Imestum Rp 1 juta.

Sementara itu, Ketua KNPI Distrik Namblong Derek Yewi S.Sos merasa terharu dengan dipilihnya Kampung Imestum sebagai binaan KNPI Provinsi Papua. “Kami akan menjadikan turkam yang dilakukan oleh KNPI Provinsi ini sebagai pembelajaran dan pembinaan. Dengan harapan ke depan kami khususnya pemuda bisa menjadi contoh bagi banyak orang,”ujarnya.

Kepala Kampung Imestum Frans Elli Wadi pun mengucap syukur dan bangga, dimana dari 183 kampung di Kabupaten Jayapura, kampung Imestum terpilih jadi kampung binaan KNPI Papua. “Kami berharap KNPI bisa terus mendorong pemuda untuk terlibat dalam pembangunan,”harapnya. (ro/tri)

Sumber: www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4371