http://medan.tribunnews.com">


300 Bilal Mayit Ikut Pelatihan
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: Narkoba


TRIBUN-MEDAN.com, 13 Juli 2011

BINJAI - Pemerintah Kota Binjai menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah diikuti 300 bilal mayit, di gedung SMAN 5 Binjai Selasa (12/7).

Pelatihan bertujuan untuk menambah pengetahuan bilal mayit sekaligus sebagai upaya regenerasi dan mengantisipasi berkurangnya jumlah bilal mayit di daerah Kota Binjai. "Pelatihan ini untuk menambah pengetahuan para bilal mayit agar dapat menjalankan tugas sesuai syariat Islam secara benar, " kata Wali Kota Binjai diwakili Asisten Pemerintahan Aspian dalam sambutannya ketika membuka pelatihan.

Wali Kota mengingatkan pekerjaan bilal mayit merupakan hal yang mulia. Namun tidak semua orang mampu dan mau menjalani profesi ini karena lebih mengandalkan keikhlasan dalam bekerja. " Bilal mayit di Kota Binjai mayoritas sudah berusia lanjut sebagaimana terlihat dari sebagian besar peserta pelatihan. Untuk mengantisipasi berkurangnya bilal mayit," ujarnya.

Pemko Binjai akan tetap melakukan pembinaan khususnya kepada bilal mayit pemula. Direktur RSUD Dr Djoelham, Susianto mengatakan jenazah penderita penyakit menular seperti HIV/AIDS, bilal mayit perlu memahami tata cara penanganan jenazah dan kesiapan penggunaan alat pelindung diri.

Dengan pengetahuan tentang bagaimana cara menangani jenazah penderita HIV/AIDS bisa mengurangi risiko penularan penyakit.Di antaranya, mencuci tangan di air mengalir, penggunaan alat pelindung masker mulut, sarung tangan, dan sepatu berbahan karet.(ahm).







[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4382