75 Persen HIV/AIDS Melalui Hubungan Seks dan Jarum Suntik
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 14 Juli 2011

MEDAN - Kasus HIV/ADIS di Sumatera Utara penemuannya semakin bertambah.

Hal ini menunjukkan kasus itu terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya layanan klinik Voluntary Conseling in Testing (VCT).

"Penularan HIV yang utama seperti di Indonesia yaitu melalui kegiatan seks komersial dan akibat penggunaan alat suntik yang tak steril, teruatama pada penggunanapza suntik,” ujar Kadis Kesehatan Sumut, dr Chandra Syafei SpOG melalui Kasi P2P Dinkes Sumut, Sukarni, Kamis (14/7/2011) di ruang kerjanya seraya mengatakan Penularan HIV/AIDS tersebut, 75 persennya melalui hubungan seksual dan jarum suntik.

Dijelaskan Sukarni, Dinkes Sumut terus berupaya melakukan penyuluhan dan sosialisasi untuk mencegah dan mengurangi resiko tertular HIV melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan penyuluhan kepada anak sekolah SMP dan SMA agar jangan sampai ke perilaku yang mengakibatkan HIV.

“Masih minim informasi pada remaja usia sekolah, yang harusnya di SMA sudah mengetahui karena pengetahuan HIV seperti kesehatan reproduksi sudah dimulai sejak SMP,” katanya.





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4387