Wouw! Kini Ada Pil Anti-HIV
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, 14 Juli 2011

Akhirnya informasi baik menyapa para pengidap maupun penderita HIV/AIDS. Riset khusus yang dilaksanakan UNAIDS dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menemukan bahan aktif zat Tenofovir dan Emtricitabine yang diyakini mampu melindungi orang dari infeksi HIV.

Tim periset bahkan meyakini, kedua zat tersebut mampu menekan risiko penularan virus HIV hingga 73 persen, apabila pasangan yang sehat mengonsumsi tablet kombinasi Tenofovir dan Emtricitabine.

Ilmuwan yang bekerja di UNAIDS telah melakukan penelitian dan uji coba di Uganda, Kenya dan Botswana. Untuk tablet yang mengandung Tenofovir saja, efektif menangkal risiko infeksi HIV hingga 62 persen.

"Ini terobosan ilmiah utama yang menegaskan sekali lagi apa peran pentingnya obat anti-retroviral dalam perang melawan AIDS," kata Direktur UNAIDS, Michel Sidibe seperti dilansir Tribun Pontianak.co.id dari bild.de, Kamis (14/7).

Tim peneliti percaya tablet kombinasi itu mampu melindungi pasangan heteroseksual dari infeksi HIV, dan efektif sebagai langkah pencegahan bagi orang-orang sehat dari kemungkinan infeksi virus yang selama ini belum ditemukan obatnya itu.

Kendati demikian, UNAIDS dan WHO mengingatkan, kombinasi tablet Tenofovir dan Emtricitabine, bukan "perisai" 100 persen menangkal HIV. Alasannya, tak ada metode tunggal yang benar-benar dapat melindungi seseorang dari virus HIV.

Tablet harus dikombinasikan dengan metode lain, seperti kondom, khitan bagi lelaki dan perilaku seks yang aman. (*)





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4389