Semangat Nasionalisme Disisipkan dalam MOS
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: Narkoba


Cybernews, 14 Juli 2011

Salatiga: Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Salatiga melakukan gebrakan dalam turut membantu meningkatkan kualitas calon siswa baru. Secara serentak, Disdikpora turut memasukkan materi alam Masa Orientasi Siswa (MOS) di seluruh sekolah di Salatiga baik swasta mau pun negeri mulai SMP/MTs dan SMA/SMK/MA atau sederajat. Materi yang dimasukkan itu masing-masing penanggulangan AIDS dan pembinaan nasionalisme.

Sebelumnya Disdikpora membentuk tim untuk menyampiakan materi itu. Untuk materi penanggulangn AIDS, dibentuk tim Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) yang diketuai wali Kota Salatiga. Tim tersebut berjumnlah 40 orang yang merupakan gabungan berbagai unsur seperti DKK, dokter di empat kecamatan di Salatiga, RSTP Ngawen, RS dr Asmir, LSM peduli HIV/AIDS, dan yayasan yang peduli HIV/AIDS.

Sedangkan untuk materi nasionalisme, Disdikpora bekerjasama dengan Kodim 0714/Salatiga. Kodim sendiri menerjunkan 60 personel yang terdiri atas 20 orang perwira, Danramil 01-16, serta Babinsa 02, 08, dan 15.

"Materi nasionalisme sengaja disisipkan untuk merespon menipisnya rasa nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia umunya. Selain itu kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Gubernur Jateng Bibit Waluyo yang mencanangkan peningkatan nasionalisme melalui sistem pembelajaran di sekolah," kata Ninuk, Kasi Kesiswaan Disdikpora di sela-sela meninjau pelaksanaan MOS di SMK Saraswati Salatiga Kamis (14/7).

Kepala Sekolah SMK Saraswati Drs Sugiman menyambut positif program yang digagas Pemkot melalui Disdikpora ini. Dengan meteri ini, melengkapai materi MOS yang diselenggarakan di sekolahnya yang dilakukan mulai Senin (11/7) dan hari ini merupakan hari terakhir.

"Saya melihat ini merupakan program perdana di Salatiga. Bahkan kalau tidak salah di Jateng, Salatiga merupakan satu-satunya daerah yeng menerpaskan program ini. Kami berharap tahun depan bisa diselenggarakan lagi dan bisa terus menerus," katanya.

Sementara Kapten CZI Agus Daryanto berkesempatan memberi materi pembinaan nasionalisme di SMK Saraswati. Danramil Tingkir dan Argomulyo ini begitu bersemngat menanamkan jiwa nasionalisme dan wawasan bernegara di kalangan siswa.

"Kegiatan seperti sangat bagus. Jika perlu Salatiga layak menjadi percontohan di Jateng dalam hal menanamkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar," katanya.

( Moch. Kundori / CN32 / JBSM )





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4392