Indonesia Diminta Capai Target MDGs
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: Narkoba


Bisnis.com, 14 Juli 2011

BOGOR: Pemerintah Indonesia diminta untuk berupaya keras dalam pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs) di bidang pendidikan karena meningkatnya jumlah anak putus sekolah.

Head of the Education Unit of UNESCO Jakarta Anwar Al Said mengatakan setiap tahun diperkirakan sekitar 1 juta anak putus sekolah akibat akibat tingginya biaya pendidikan dan biaya hidup, sementara kesejahteraan masyarakat terus menurun.

Di sisi lain, jumlah pekerja anak di Indonesia terus meningkat. Jumlah ini akan terus bertambah jika pemerintah tidak melakukan intervensi terhadap isu yang berkembang tersebut yang dikhawatirkan dapat menghambat target sasaran pembangunan millennium yang telah disepakati bersama 189 negara pada 2000.

"Indonesia mengalami risiko besar dan kemunduran dalam pencapaian-pencapaian target, dengan indicator yang mengkhawatirkan dimana jumlah anak yang putus sekolah terus meningkat, untuk itu pemerintah diimbau untuk memberikan intervensi terhadap biaya pendidikan agar lebih terjangkau," katanya, hari ini.

Dia menuturkan pendidikan hanya dapat diperoleh melalui sistem pendidikan yang efektif oleh sumberdaya yang professional dan penggunaan anggaran yang optimal. Di sisi lain, masyarakat harus mendapat pemahaman terkait hak-haknya dalam memperoleh pendidikan seperti yang telah tertuang dalam Undang-Undang dasar 1945.

Untuk itu, UNESCO Jakarta dan UNESCO Bangkok terus mendorong pemahaman media terkait analisa dampak dari persoalan yang muncul akibat kebijakan pemerintah seperti pengurangan subsidi BBM yang berdampak pada meningkatnya biaya.

Biaya hidup yang mahal membuat kesempatan untuk menyekolahkan anaknya semakin kecil, sehingga ancaman angka anak yang putus sekolah semakin besar. "Media memberi peran penting sebagai kontrol social yang sangat berpengaruh terhadap penentuan kebijakan dan paningkatan pemahaman masyarakat," katanya.

Asisten Programer Special UNESCO Bangkok Leotes Maria Lugo mengakatan target MDGs memuat 8 tujuan yang meliputi penanggulangan kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Selain itu, mengurangi angka kematian bayi, meningkatkan kesehatan ibu, melawan HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lain, memastikan kelestarian lingkungan hidup, dan kemitraan untuk pembangunan.

"Dari ke delapan tujuan tersebut salah satu prioritas yang harus diangkat bagi Indonesia adalah menuntaskan tercapainya target pendidikan dasar untuk semua masyarakat Indonesia," ujarnya. (tw)





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4396