2012 Sumut Rampungkan Layanan Infeksi Menular Seksual
Tanggal: Friday, 15 July 2011
Topik: Narkoba


Berita Sore, 14 Juli 2011

MEDAN: Dinas Kesehatan Sumut, menargetkan seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara, pada 2012 sudah memiliki petugas medis dan administrasi dalam hal pelayanan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS).

“Saat ini, petugas yang sudah dilatih berjumlah 13 kabupaten/kota. Ditambah dengan 5 Kabupaten/Kota lainnya yang sedang kita beri pelatihan,” ucap Kadis Kesehatan Sumut, dr Candra Syafei SpOG, melalui proyek menejer Global Fund, Andi Ilham Lubis, Rabu (13/07), di Medan.

Kelima kabupaten/kota yang petugasnya mendapatkan pelatihan selama 3 hari berasal dari Labusel, Tapsel, Asahan, Pematang Siantar dan Langkat, yang total jumlah pesertanya mencapai 24 orang.

Andi berharap, dengan pelatihan yang diberikan kepada peserta dari 7 puskesmas masing-masing terdiri dari dokter, bidan, bagian laboratorium dan analis, maka akses pelayanan semakin dekat kepada sasaran.

“Ini juga merupakan dukungan kepada MDGs yang bertujuan menurunkan prevalensi IMS, GO dan HIV,” ujarnya. Dia juga menambahkan standard nasional untuk IMS dibawah 1 persen, GO dibawah 10 persen dan HIV dibawah 0,5 persen.

Sementara Kasi P2P Dinkes Sumut, Sukarni, mengatakan, untuk Sumatera Utara sendiri, persentase IMS pada resiko tinggi seperti PSK sekitar 10 sampai 15 persen. Untuk GO persentasenyahampri sama dengan IMS. Namun persentase kasus HIV secara umum 0,5 persen.

“Untuk mengurangi kasus IMS, harus dibuat klinik IMS di puskesmas yang tidak hanya mengobati penderita, tetapi ingin mengubah perilaku beresiko dari PSK terutama dalam pemakaian kondom 100 persen,” ucap Sukarni seraya menambahkan, persentase beresiko HIV 5 sampai 8 kali lebih besar pada penderita IMS dibandingkan dengan orang yang tidak IMS.

Dengan adanya klinik IMS yang telah diberikan pelatihan, dia berharap pendanaan operasionalnya didukung Pemkab atau pun Pemko masing-masing. Karena sasarannya selain menurunkan angka IMS, juga pencegahan penularan HIV/AIDS. (don)





[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4397