Memprihatinkan! Penderita HIV di Makassar Makin Banyak
Tanggal: Monday, 18 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUN-TIMUR.COM, 15 Juli 2011

MAKASSAR - Penderita HIV-AIDS di Sulsel mencapai 3.899 orang per Desember 2010 lalu. Sebanyak 3.233 penderita tersebut warga Kota Makassar.

Penyebaran kasus HIV-AIDS di Makassar itu bahkan menduduki peringkat keempat terbesar di Indonesia.

Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengungkapkan hal itu dalam Pengukuhan Pengurus KPA Luwu Utara di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim), Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Jumat (15/7). Wakil Bupati Lutra Indah Putri Indriani turut hadir pada pengukuhan tersebut.

"Karena itu diharapkan sosialisasi, penyuluhan, pencegahan, dan perlindungan kepada masyarakat harus ditingkatkan untuk meminimalisir sebaran penyakit mematikan ini," kata Agus yang juga Wakil Gubernur Sulsel ini.

Menurutnya, sosialisasi, penyuluhan, pencegahan, dan perlindungan itu bukan hanya kepada pengidap dan masyarakat, tetapi juga kepada petugas yang bersentuhan langsung dengan penderita.

Sesuai data yang dilansir KPA Sulsel, jumlah penderita HIV- AIDS mengalami peningkatan dalam enam tahun terakhir. Tahun 2004 lalu, penderita HIV-AIDS di Sulsel berkisar 192 orang.

"Data baru mengenai penderita HIV-AIDS sebenarnya sudah ada tetapi belum bisa dipublikasikan karena harus ada persetujuan lintas instansi terkait. Yang jelas ada kenaikan," kata Sekretaris KPA Sulsel, Saleh Radjab, yang turut hadir pada pengukuhan tersebut.(*/tribun-timur.com)

Sumber: makassar.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4402