PIK Remaja Dikembangkan di 9 Sekolah
Tanggal: Monday, 18 July 2011
Topik: Narkoba


Kedaulatan Rakyat, 16 Juli 2011

WATES - Respons sekolah terhadap program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang sekarang dikembangkan menjadi program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) di Kulonprogo sangat bagus.

Respons yang luar biasa ini tidak sekedar hanya ditunjukkan dengan kepedulian sekolah memberi materi PKBR pada peserta didiknya saat Masa Orientasi Siswa (MOS), tetapi juga banyaknya sekolah yang berkeinginan membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

Itu sebagai jaminan bahwa materi PKBR akan terinformasikan kepada sasaran seluruh siswa secara terencana dan berkesinambungan sehingga akan mampu meredam berbagai perilaku negatif terutama yang terkait dengan Triad KRR (Seksualitas, Napza dan HIV/AIDS).

Demikian dikatakan Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi pada BPMPDP dan KB Kulonprogo Drs Mardiya, Kamis (14/7). ”Untuk tahun ini ada 9 sekolah yang membentuk PIK Remaja. Kesembilan sekolah itu adalah SMA N 1 Sentolo, SMA N 1 Lendah, MAN 2 Wates, SMA N 1 Temon, SMA N 1 Kokap, SMA N 1 Girimulyo, SMK N 1 Nanggulan, SMA N 1 Samigaluh dan SMK N 1 Samigaluh. Dengan tambahan 9 kelompok ini, maka di Kulonprogo ada 16 kelompok PIK Remaja Jalur Sekolah.

Menurut Mardiya, PIK Remaja yang berpangkalan di sekolah ini diharapkan masuk dalam kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah, sehingga pembiayaan untuk kesinambungan kegiatan PIK Remaja yang menganut prinsip dari, oleh dan untuk remaja ini tidak akan menjadi kendala. Hal ini mengingat BPMPDP dan KB tidak memiliki anggaran yang cukup untuk operasional kegiatannya. Sementara agar PIK Remaja mampu memberi manfaat yang optimal, dukungan dana yang memadai menjadi hal mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar.

”Satu hal yang sangat menggembirakan, sekolah-sekolah di Kulonprogo sangat menyadari bahwa keberadaan PIK Remaja telah menjadi suatu kebutuhan setelah mereka dipahamkan apa sebenarnya PIK Remaja,”katanya. (Wid)-a

Sumber: http://www.kr.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4406