Lokalisasi PSK Bitung Cegah Penyebaran HIV AIDS
Tanggal: Wednesday, 20 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNMANADO.CO.ID, 19 Juli 2011

BITUNG - Rencana Kota Bitung melaksanakan lokalisasi para penjaja seks komersil dalam mengurangi penyebaran virus HIV AIDS masih menemui kendala besar, jadi dibutuhkan waktu jangka panjang untuk mewujudkannya.

Kepala Dinas Sosial Bitung Audi Pangemanan, menuturkan, tidak semudah membalikan telapak tangan, ada awal perencanaan langsung terwujud.

"Kami masih butuh masukan dari berbagai pihak. Termasuk dari kalangan agamawan," ujarnya kepada Tribun Manado di pelataran Balai Pertemuan Umum Pemko Bitung, Senin (18/7/2011).

Sebab sejauh ini, tuturnya, pihaknya bersama dinas dan jajaran pemerintahan serta lembaga sosial yang terkait belum melakukan pertemuan untuk secara intens membahas lokalisasi pelayanan pelacuran.

"Saya pikir masih panjang kalau mau bahas ini. Padahal penting ada lokalisasi biar bisa terdata dan terpantau secara baik. Seperti di negara Singapura misalnya," ungkapnya.

Menurutnya, gambaran untuk tempat yang akan dijadikan lokalisasi pun belum ada bayangan ada dimana. "Saya belum bisa berikan jawaban. Saya masih butuh masukan," ujar Audi.

Sebelumnya, Sekertaris Kota Daerah Bitung, Edison Humiang, menuturkan, terkait tempat untuk khusus lokalisasi pelacuran Aertembaga merupakan satu di antara daerah yang cocok dijadikan tempat sasaran. "Lokasinya masih berjauhan dengan pemukiman penduduk," tuturnya.

Terpisah, Camat Aertembaga, Victorine Lengkong mengatakan, belum dapat memastikan kebenaran Aertembaga sebagai lokasi pelacuran komersil. "Saya belum dapat info dari atasan. Jadi saya tidak mau berkomentar karena saya sama sekali belum tahu," ungkapnya.

Namun secara geografis, tutur Victorine, daerah Aertembaga memiliki ciri khas dataran tinggi, pegunungan yang didekati dengan hamparan laut. "Sudah banyak objek-obejek wisata alam. Warganya pun kebanyakan berprofesi sebagai nelayan," kata perempuan berambut panjang ini.

Sumber: http://manado.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4424