Risiko Tinggi, Napi dan PSK di Blora Jalani Tes HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 21 July 2011
Topik: HIV/AIDS


CyberNews, 21 Juli 2011

Blora, Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora kembali menggelar kegiatan serro survey. Itu dilakukan untuk mengetahui jumlah dan penyebaran penyakit HIV/AIDS di Blora.

Caranya, dengan mengambil sampel darah kelompok masyarakat yang rentan terkena penyakit menular seksual tersebut, yakni warga binaan (narapidana dan tahanan, Red), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Blora dan para pekerja seks komersial (PSK) di sejumlah lokasi di Blora, Kamis (21/7).

Kepala Dinkes, Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP), Lilik Hernanto, menyatakan sampel darah itu selanjutnya akan diperiksa di laboratorium. "Serro survey merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengatuhi perkembangan HIV/AIDS," ujarnya, Kamis (21/7).

Dia menekankan, pemeriksaan sampel darah itu tidak untuk mengetahui siapa yang terkena penyakit (identitas penderita tidak diketahui/Unlinked Unonimous) melainkan guna mengetahui jumlah dan penyebaran penyakit HIV/AIDS di satu daerah.

"Dari hasil serro survey nantinya akan dapat diketahui besarnya masalah HIV/AIDS, sehingga dapat dilakukan pencegahan dini bagi seluruh masyarakat," tandasnya.

Menurut Lilik selain HIV/AIDS dari hasil pemeriksaan di laboratorium nantinya akan diketahui jenis penyakit kelamin lainnya seperti sipilis dan lain sebagainya. "Kami akan kirim hasil sampel darah ini ke laboratorium. Mudah-mudahan hasilnya cepat keluar," katanya.

Berdasarkan hasil serro survey tahun lalu, warga di Blora yang mengidap HIV/AIDS sebanyak 11 orang. Yakni, warga binaan rutan sebanyak empat orang, sedangkan dari kalangan PSK tujuh orang. Selain HIV/AIDS, dari hasil pemeriksaan sampel darah itu diketahui pula jenis penyakit menular seksual (PMS) yang diidap dua kelompok tersebut.

Yakni, dua orang dinyatakan menderita sipilis. Tahun lalu, sebanyak 165 sampel darah yang diperiksa terdiri dari 64 sampel berasal dari warga binaan rutan serta 101 sampel darah milik PSK di Kampung Baru Jepon, Sumber Arum Cepu dan Nglebok Cepu.

( Abdul Muiz / CN27 / JBSM )

Sumber: http://suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4444