HIV/AIDS di Jakarta Capai 3.995 Kasus
Tanggal: Monday, 25 July 2011
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNJATIM.COM, 23 Juli 2011

JAKARTA- Data dari Pemprov DKI menunjukkan hingga Mei 2011 tercatat jumlah kasus HIV/AIDS di Jakarta mencapai 3.995 kasus dengan angka kematian mencapai 576 kasus. Kasus HIV/AIDS paling banyak terjadi karena penularan melalui transmisi seksual (PMTS).

Asisten Deputi Pembinaan Wilayah Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Inang Winarso, mengatakan DKI Jakarta sebenarnya termasuk provinsi yang berhasil menurunkan kasus HIV/AIDS melalui penularan pengguna jarum suntik narkoba.

Menurutnya penularan melalui alat suntik sudah mampu menekan angka infeksi baru, sehingga dapat dikendalikan dengan baik. Namun sejak dua tahun terakhir ini, KPAN melihat telah terjadi perubahan pola epidemik HIV di Indonesia, yang juga terjadi di Kota Jakarta.

"Kasus AIDS lebih banyak didominasi oleh kelompok yang terinfeksi melalui transmisi seksual. Apabila Pemprov DKI dan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI tidak fokus pada upaya-upaya pencegahan infeksi baru melalui transmisi seksual, maka kita akan menghadapi gelombang epidemic HIV yang lebih besar yaitu penularan ibu ke bayi," ujar Winarso, Sabtu (23/7/2011).

Dikatakannya, akibat dari tingginya penularan HIV melalui transmisi seksual, Winarso mengatakan KPAP dan KPAN akan mengubah strategi yang selama ini dinilai belum mampu secara efektif mencegah penularan melalui transmisi seksual. Strategi yang diusulkan yaitu melalui pendekatan intervensi struktural yang merupakan pendekatan baru dilakukan secara terpadu dan komprehensif.

Artinya, penanggulangan PMTS tidak lagi dilakukan secara parsial atau sebagian, melainkan dilakukan dengan 4 komponen baru. Seperti peningkatan peran positif pemangku kepentingan, perubahan perilaku, manajemen pasokan kondom dan penatalaksanaan infeksi menular seksual (IMS). Selain itu harus diupayakan untuk merubah perilaku pekerja seks komersial agar mampu menekan penularan HIV/AIDS.

Sumber: http://jakarta.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4462