http://www.cenderawasihpos.com
">


Mengkhawatirkan, Tercatat 45 PSK ‘Beroperasi’ di Wanam
Tanggal: Monday, 25 July 2011
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 25 Juli 2011

MERAUKE - Mengkuatirkan, masyarakat khususnya para Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerja di perusahaan perikanan yang berpusat di Wanam terancam terinveksi HIV-AIDS. Pasalnya, sedikitnya 45 PSK yang selama ini ‘beroperasi’ atau bekerja di lokalisasi Yobar Merauke maupun Belakang Rumah Sakit (Belrusak) memilih pindah ke Wanam, Distrik Ilwayab-Merauke, karena tidak dibebani dengan kontrol kesehatan secara rutin.

‘’Hasil pendataan yang dilakukan baru-baru ini di Wanam, ternyata sudah 45 PSK yang kabur ke Wanam dan melakukan aktivitas di sana,’’ kata Sekretaris KPA Kabupaten Merauke Heni Astuti Suparman, SH, pecan kemarin.

Menurut Heni, PSK yang beroperasi di Wanam tersebut adalah mereka yang selama ini melakukan aktivitas di Lokalisasi Yobar maupun Belrusak, Merauke.‘’Ternyata mereka memilih ke Wanam karena di sana, belum ada kontrol kesehatan tidak seketat yang ada di Merauke,’’ jelasnya.

Yang dikuatirkan, lanjut Heni Astuti, PSK yang telah beroperasi tersebut jika ada yang terkena Inveksi Menular Seksual (IMS) maupun sudah positif HIV-AIDS tetap melakukan kegiatannya. ‘’Ini sangat membahayakan karena tidak terkontrol lagi,’’ jelasnya.

Terkait dengan kondisi yang terjadi di Wanam tersebut, menurut Heni Astuti, harus ada tindakan yang bersifat emergensi untuk segera di lakukan di daerah tersebut. ‘Harus kita segera melakukan suatu tindakan dalam rangka melindungi warga yang ada di sana,’’ jelasnya.

Heni Astuti mengkuatirkan, jika tidak segera dilakukan suatu tindakan maka pengalaman dan kejadian sama akan dialami seperti terjadi di Asgon, Distrik Assue, Kabupaten Mappi. c Dimana pada saat pencarian Kayu Gaharu di daerah tersebut tahun 2000-an, para PSK mengikuti ke daerah tersebut tanpa control kesehatan sehingga yang terjadi saat ini banyak warga di daerah itu yang ditemukan positif terinveksi HIV-AIDS.(ulo/nan)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com






[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=4471